Luar Biasa. Ini Dia, 5 Makanan Penghilang Stres dan Menjaga Mood

oleh -2 views
 
 
SUMBAR24 — Manusia dalam menjalani kehidupannya tentu dan pasti mengalami stres atau depresi. Berbagai faktor dapat mempengaruhi dan menimbulkan terjadinya stres tersebut. Umpamanya saja saat menghadapi masalah kerjaan, sekolah, atau bahkan seperti situasi yang cukup tidak kondusif seperti saat sekarang ini. 
 
Nah, ketika perasaan stres itu datang, kebanyakan orang melampiaskannya pada makanan. Mereka biasanya mengkonsumsi makanan yang kurang sehat, seperti es krim atau camilan-camilan tidak sehat lainnya. Memang, stres yang dirasakan mungkin hilang sesaat, namun dibalik itu malah bisa memicu munculnya penyakit. 
 
Sebenarnya tidak salah sih, jika dilampiaskan pada makanan. Namun pilihlah makan yang sehat dan bergizi, seperti buah-buahan, sayur-sayuran, gandum utuh, lemak sehat yang dapat meningkatkan sistem daya tahan tubuh, bahkan juga bisa menurunkan resiko stres.
 
Lantas, makanan apa saja yang bisa membantu mencegah stres? 
 
1. Buah-buahan beri. Sebenarnya semua buah-buahan baik untuk menjaga pola makan seimbang. Namun, buah-buahan dari keluarga beri memiliki kandungan yang sangat baik untuk otak. Karena buah beri kaya akan flavonoid, yang membantu mengatur suasana hati dan meningkatkan daya ingat serta mengurangi peradangan.
 
2. Cokelat hitam. Dengan sepotong cokelat hitam mampu memperbaiki suasana hati kita.  Menurut para ahli, makanan ini tidak hanya memberi efek positif pada otak, tetapi juga sistem kekebalan tubuh dan mata. Namun, berhati-hatilah dengan cokelat yang kamu pilih. Pilihlah cokelat hitam dengan 70 persen kakao dan 30 persennya gula atau susu. Ini artinya, cokelat tersebut agak lebih pahit karena sedikit mengandung gula atau susu.
 
3. Ikan salmon. Ikan salmon tinggi akan kandungan asam lemak omega-3 yang baik bagi tubuh tapi yang tidak diproduksi tubuh kita sendiri. Asam lemak omega-3 adalah bagian dari selaput yang mengelilingi sel-sel dalam tubuh, khususnya di otak. Menurut para peneliti, bahwa mengonsumsi ikan seperti salmon dengan asam lemak omega-3 dapat mengurangi depresi. 
 
4. Kacang almond. Kacang almond tinggi akan lemak sehat, karena mampu meningkatkan kesehatan otak. Makanan ini juga kaya akan senyawa yang disebut tirosin, yang dapat membantu mencegah penurunan fungsi kognitif, terutama sebagai respons terhadap stres.
 
5. Sayur bayam dan kale. Seluruh sayuran berdaun hijau gelap seperti bayam dan kangkung tinggi akan asam lemak omega-3 dan juga membantu memerangi peradangan. Karena sayuran tersebut kaya magnesium, yang memiliki peran besar dalam fungsi otak dan suasana hati.
 
Semoga tulisan Luar Biasa. Ini Dia, 5 Makanan Penghilang Stres dan Menjaga Mood, bermanfaat.
 
 

Photo by greenchild from FreeImages

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *