Tiga Aplikasi Google Untuk Penyandang Disabilitas

 
 
SUMBAR24 — Google baru saja memperkenalkan sejumlah aplikasi baru untuk para penyandang disabilitas. Aplikasi tersebut hadir saat memperingati Global Accessibility Awareness Day atau Hari Kesadaran Aksesibilitas Global. Hal tersebut dilakukan Google untuk mempermudah penyandang disabilitas dalam mengoperasikan smartphone. 
 
Aplikasi yang diperkenalkan tersebut di antaranya, Transkripsi Instan, Amplifier Suara, dan Action Blocks. Ketiga aplikasi ini telah tersedia dan dapat diunduh melalui Google Play Store.  Sebagaimana dilansir dari Kompas Tekno, Rabu (27/5/20) bahwa Google menyatakan aplikasi-aplikasi tersebut diciptakan untuk kemudahan para penyandang disabilitas.
 
“Hari ini kami mengumumkan fitur- fitur baru yang kami harap akan membawa perubahan dalam kehidupan masyarakat di seluruh dunia khususnya penyandang disabilitas,” kata Brian Kemler, Product Manager Android Accessibility Google dalam sesi conference call pada Rabu 20 Mei 2020 lalu.
 

Berikut Tiga Aplikasi Google Untuk Penyandang Disabilitas

 
  1. Transkripsi Instan. Ini adalah aplikasi yang menyajikan teks dalam bentuk audio yang dapat membantu para penyandang disabilitas untuk memahami percakapan. Aplikasi ini juga dapat menyimpan secara manual nama orang, nama alamat, nama benda, atau kata-kata yang sering diucapkan. Hebantnya jika kata-kata itu disebutkan, ponsel akan bergetar secara otomatis. 
  2. Amplifier Suara. Pada aplikasi Amplifier Suara diciptakan untuk menghasilkan audio pada smartphone menjadi lebih jernih dan dapat memperkeras suara yang lemah. Dan aplikasi ini bermanfaat untuk pengguna dengan kemampuan pendengaran yang lemah. Fitur ini juga dapat dimanfaatkan secara portabel melalui headphone Bluetooth sebagai alat untuk memperkeras suara dari aplikasi pihak ketiga seperti YouTube dan Spotify.
  3. Action Blocks. Dan Action Blocks merupakan aplikasi untuk membantu penyandang disabilitas melakukan kegiatan sehari-hari melalui smartphone-nya. Karena fitur Action Blocks bisa menempatkan ikon layanan yang sering digunakan pada ponselnya dan ditempatkan pada layar utama. Dalam aplikasi ini terdapat fitur untuk menempatkan kontak yang biasa dihubungi. Jadi mereka akan lebih mudah saat menghubungi kerabat dan tidak perlu mencari nomor secara manual.

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *