Yuk, Kenali Gejala Alergi Susu Sapi

oleh -6 views
awas alergi susu sapi
SUMBAR24 — Bagi sebagian orang sering kali terjadi alergi karena mengkonsumsi sejumlah makanan. Sejumlah makanan yang dicurigai memicu alergi antara lain telur, kacang-kacangan, kedelai, gandum, makanan laut, dan alergi susu sapi.
Terjadinya alergi dikarenakan alergen memasuki tubuh, baik melalui saluran pernapasan maupun makanan yang masuk ke dalam saluran pencernaan.
Dilansir dari Kompas Tekno, Jumat (29/05/20) bahwa alergi protein susu sapi (Cow Milk Protein Allergy/CMPA) bagi sebagian orang mungkin terdengar aneh, tetapi ini adalah salah satu penyebab alergi makanan paling umum yang dialami anak di bawah usia 2 tahun.
Menurut Dr Sanjay Wazir, Director of NICU, Cloudnine Hospital, Gurgaon, India, menjelaskan, protein dalam susu sapi terkadang dikenali tubuh sebagai benda asing, sehingga tubuh mulai membuat pertahanan dengan memproduksi bahan kimia tertentu sebagai respons dan itulah yang mengarah pada gejala alergi.
Sejumlah orang selain alergi protein susu sapi, bisa juga alergi karena mengkonsumsi susu kerbau atau kambing, karena mereka memiliki protein yang sama.
Namun seiring berjalannya waktu dan pertambahan usia, alergi tersebut lambat laun juga akan hilang.
Sejumlah gejala alergi susu sapi bisa dikenali. Berikut gejala-gejalanya :
1. Gatal-gatal dan ruam pada kulit
2. Hidung tersumbat,
3. Batuk
4. Gastrointestinal seperti mual, muntah, sakit perut, diare, dan tinja berdarah.

Photo by cylonka Bsg from FreeImages

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *