11 Tips Efektif Membakar Lemak Perut

oleh -5 views
Tips Efektif Membakar Lemak Perut
 

SUMBAR24 — Bagian perut seringkali menjadi masalah setiap orang saat berat badannya mengalami kelebihan. Sebab lemak perut bisa jadi sebagai tanda dari risiko sejumlah penyakit. Mulai dari penyakit jantung hingga diabetes tipe 2. 

 
Malahan, lemak perut sukar bahkan sulit dihilangkan. Meski dengan diet dan olahraga, perut seringkali menjadi area tubuh terakhir yang bisa dikecilkan. 
 
Namun demikian, ada beberapa metode yang dilakukan untuk menurunkan lemak tubuh baik secara keseluruhan maupun sekedar merampingkan bagian perut. 
 
Nah, berikut tips efektif membakar lemak perut
 
1. Makan banyak serat
 
Makanan berserat bisa membuat seseorang merasa kenyang lebih lama, sehingga secara otomatis kita akan mengurangi asupan cemilan antar makan besar. Bahkan serat juga bisa membantu memperlancar fungsi pencernaan. Sistem pencernaan yang sehat bisa mengurangi risiko perut buncit dan membuat perut tampak lebih ramping.
 
 
2. Sering bergerak dan melakukan kardio
 
Perbanyaklah gerakmu di sela kegiatan sehari-hari. Terlebih jika kamu adalah orang yang menghabiskan waktu duduk sepanjang hari di tempat kerja atau sekolah. Beberapa aktivitas yang bisa membantu, antara lain naik tangga, jalan kaki, menggunakan meja kerja berdiri, peregangan sepanjang hari, dan lainnya. 
 
 
3. Tingkatkan asupan protein
 
Protein mampu membantu memperbaiki dan menumbuhkan otot, serta bisa membantu seseorang kenyang lebih lama. Sebuah studi kecil pada 2012 menemukan bahwa orang-orang yang mengkonsumsi protein kualitas tinggi, seperti susu, telur dan daging, memiliki persentase lemak perut yang lebih sedikit.
 
4. Batasi karbohidrat sederhana
 
Karbohidrat adalah sunber energi untuk tubuh, namun tidak semua karbohidrat sehat. Tubuh mengubah beberapa jenis karbohidrat menjadi glukosa, seperti, nasi, roti putih dan pasta putih. Ketika seseorang mengkonsumsi lebih banyak glukosa dari yang seharusnya, maka tubuh akan mulai menimbun kelebihannya sebagai lemak. Orang-orang yang ingin menurunkan jumlah lemak di area tengah tubuh mereka haruslah membatasi konsumsi karbohidrat sederhananya. Namun, karena karbohidrat sangat penting untuk energi, kita masih bisa mengkonsumsinya namun pilihlah opsi yang lebih sehat seperti biji-bijian utuh
 
5. Hindari lemak jenuh Makan Lemak Baik
 
Umunya orang mengenalnya dengan istilah “lemak baik”. Jenis lemak ini akan mencair di suhu ruangan. Beberapa sumber lemak baik, antara lain alpukat, minyak zaitun, kacang-kacangan, selai kacang tanpa gula tambahan, dan lainnya.
 
 
6. Mengurangi minuman tinggi kalori
 
Minum minuman tinggi kalori seringkali menawarkan sangat sedikit nutrisi. Mengkonsumsinya membuat kita bisa dengan mudah mendapat ekstra kalori tanpa disadari. Ada sejumlah minuman yang sudah jelas mengandung kalori lebih tinggi, seperti soda dan minuman energi. Meski begitu, minuman lainnya yang juga dikenal tinggi kalori adalah jus, kopi berbasis susu dan minuman beralkohol. Semuanya memiliki ekstra kalori, tanpa tambahan nilai nutrisi di dalamnya. Untuk menghindari konsumsi minuman tinggi kalori, cobalah melakukan sejumlah hal seperti mengganti jus dengan buah segar yang mengandung tinggi serat atau membatasi susu dan gula dalam kopi atau teh.
 
7. Melakukan latihan resistensi
 
Latihan kekuatan bisa membantu seseorang membakar kalori sambil tidak kehilangan massa otot. Membangun massa otot juga bisa membuat tubuh membakar lebih banyak kalori pada massa istirahat. Beberapa jenis latihan resistensi yang umum dilakukan, antara lain angkat beban dan olahraga menggunakan berat tubuh, seperti squat dan lunge. Kita bisa melakukan latihan resistensi sendiri atau digabungkan bersama kardio.
 
8. Cukup tidur
 
Ini sangatlah penting, karena tidur benar-benar bermanfaat untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk menjaga berat badan ideal. Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas tidur, antara lain menjaga benda elektronik tetap berada di luar kamar tidur dan pergi tidur 30-60 menit lebih awal dari biasanya. 
 
 
9. Minum cukup air
 
Minum segelas air sebelum makan juga bisa membantu perut cepat kenyang dan membantu kita mengontrol porsi makan. Kita bisa mengkonsumsi air biasa atau membuat air infus dengan rendaman buah sitrus, timun atau berry sebagai penambah rasa. Minum teh herbal juga merupakan cara lainnya untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.
 
11. Membuat jurnal asupan makanan
 
Mencatat asupan makanan bisa membuat seseorang merefleksikan apa yang mereka sudah makan dan membuat mereka lebih bijak dalam mengambil keputusan soal kakanan dan cemilan. Orang-orang terkadang mengabaikan berapa banyak yang mereka makan sepanjang hari atau melupakan konsumsi nutrisi penting. Membuat jurnal makanan selama satu hingga dua minggu bisa membantu seseorang mengidentifikasi sumber kalori berlebih. Jangan lupa pula untuk makan secara perlahan. Makan terburu-buru tidak memberikan waktu bagi otak untuk mencerna bahwa perut mereka sudah kenyang hingga mereka sudah mengkonsumsi terlalu banyak kalori. Makan terburu-buru juga bisa menyebabkan seseorang menarik lebih sedikit udara ke dalam tubuh. Ini akan memicu kelebihan gas dan perut buncit.
 
10. Hindari stres
 
Dan yang terkahir hindari stres, beberapa kegiatan yang bisa membantu menurunkan stres di antaranya melakukan olahraga aerobik, memprioritaskan tugas-tugas penting, ngobrol bersama orang-orang tersayang, menghindari tumpukan pekerjaan, berlibur, dan lainnya.
 
 
 

Photo by Geo Cristian from FreeImages

One thought on “11 Tips Efektif Membakar Lemak Perut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *