10 Tips Makan Sehat Untuk Menurunkan Berat Badan

oleh -4 views
Tips Makan Sehat Alami
 

SUMBAR24 — Banyak orang yang takut akan berat badannya bertambah. Berbagai alasan menjadi faktor kenapa rasa takut bertambahnya berat badan itu tersebut timbul. Mungkin alasan kesehatan, penampilan, dan alasan tertentu lainnya.

 
Sebagian ahli berpendapat cara paling tepat untuk mendapatkan berat badan ideal adalah dengan mengatur pola makan sehat dan berolahraga.
 
Bahkan sebagian orang hanya melakukan diet yang terkadang tidak melihat resiko yang akan ditimbulkan di kemudian hari. Sebenarnya diet secara alami lambat laun bisa mengubah pola hidup kita menjadi lebih sehat. Dan seiring berjalannya waktu berat badan pun akan turun dan ideal, serta resiko terkena berbagai penyakit berbahaya pun juga bisa dihindari
 
Berikut ada 10 Tips Makan Sehat Untuk Menurunkan Berat Badan
 
 
1. Makanlah makanan yang miliki protein
Protein adalah nutrisi yang bisa dibilang paling berpengaruh, sebab saat tubuh mengolah protein, di waktu yang bersamaan juga akan terjadi pembakaran kalori. Semakin banyak protein yang dikonsumsi, maka pembakaran kalori yang terjadi juga akan semakin tinggi. Sumber protein seperti telur dan dada ayam, dalam menu harian.
2. Cukupkan stok makanan dan camilan sehat di rumah
 
Saat diet bukan berarti tidka boleh makan. Akan tetapi mulailah dengan menyimpan buah, yogurt, telur, dan kacang-kacangan.
3. Membatasi konsumsi gula
 
Membatasi konsumsi gula, bisa dimulai dengan cara yang sederhana seperti mengurangi konsumsi makanan dan minuman dalam kemasan.
 
4. Hindari Konsumsi Makanan Instan
 
Jenis makanan ini umumnya tinggi kandungan gula, lemak, dan kalori. Biasanya terdapat pada makan kaleng dn kemasan lainnya.
 
5. Memperbanyak konsumsi sayur dan buah 
 
Buah yang sebaiknya dikonsumsi saat diet seperti apel, jeruk, kiwi, alpukat, pisang, dan melon.
 
 
6. Rutin minum kopi atau teh hijau tanpa gula
 
Kopi yang bisa menurunkan berat badan adalah kopi hitam tanpa gula. Karena kopi hitam bisa menambah energi dan Kafein yang ada di dalam kopi juga akan membantu meningkatkan metabolisme dan mengurangi risiko diabetes. Begitu pula minum teh hijau tanpa gula Teh hijau bisa memicu pembakaran lemak di tubuh. Teh hijau juga akan membantu meningkatkan energi di tubuh.
 
7. Banyak minum air putih.
 
Minum air putih mampu meningkatkan metabolisme di tubuh dan jika dilakukan sebelum makan, akan membuat kita merasa lebih cepat kenyang. Selain itu, air putih tidak mengandung kalori, dan akan membantu memangkas asupan kalori harian.
 
8. Mengganti produk makanan dengan versi yang rendah lemak 
 
Salah satu cara diet alami yang mudah dilakukan adalah dengan mengganti susu, yogurt, mayones, atau bahan makanan lain yang sering dikonsumsi dengan versi rendah lemak. Saat ini, sudah banyak makanan maupun minuman rendah lemak, yang bisa jadi plihan.
 
9.Jangan berlebihan konsumsi karbohidrat
 
Kebiasaan makan dengan piring ukuran besar sekarang cukup makan dengan piring kecil. Maksudnya konsumsi seperti nasi putih, roti tawar atau pasta jangan berlebihan. Dan sesekali bisa menggantinya dengan karbohidrat kompleks lebih sehat yang terkandung pada roti gandum atau nasi merah.
 
10. Berolah raga setiap hari
 
Dengan olah raga teratur tentu akan membakar lemak. Sehingga fisik jadi sehat dan otot-otot bisa menjadi ideal.
 
 
Photo by pixaio from FreeImages

3 thoughts on “10 Tips Makan Sehat Untuk Menurunkan Berat Badan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *