Kota Arang Sawahlunto Masuki Era New Normal

 

SUMBAR24Kota Sawahlunto bersiap untuk menerapkan tahapan ‘New Normal’ atau tatanan normal baru aman dan terbebas dari Covid – 19. Tahapan ini akan dimulai pada Senin, 8 Juni 2020 nanti. Sejumlah persiapan, baik kebijakan maupun teknis di lapangan sedang dilakukan dan koordinasi dengan sejumlah lini pun dilakukan.

Walikota Sawahlunto Deri Asta menyampaikan, dengan dimulainya ‘New Normal’, nantinya aktifitas keseharian masyarakat sudah mulai normal kembali namun tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid – 19. 

“Peran dan fungsi kita sebagai pemerintah di sini (penerapan New Normal) adalah bagaimana menyampaikan sosialisasi dan memfasilitasi pelaksanaan protokol kesehatan pencegahan Covid – 19. Sementara untuk fungsi pengawasan fase New Normal ini, kita dibantu oleh aparat TNI dan Polri,” kata Walikota Deri Asta, dalam keterangan pers di Balaikota, Jum’at 05 Juni 2020.

Terkait tentang perkembangan terbaru Covid – 19 di Sawahlunto saat ini, dilaporkan Walikota Deri Asta bahwa dari 2 orang warga Sawahlunto yang dahulu terdeteksi positif Covid dari hasil SWAB test massal pada pertengahan Mei lalu, saat ini 1 orang sudah dinyatakan negatif Covid. Dan 1 orang lagi, dirujuk ke RS Semen Padang pada Kamis malam, 4 Juni 2020 lalu.

Baca juga : Desa Sikalang Terapkan Pembatasan Selektif, Usai 1 Orang Warganya Positif Covid-19

“Jadi setelah pemeriksaan SWAB test pada hari 7 dan 8 masa karantina, untuk 1 orang warga yang berasal dari Desa Sikalang, itu sudah dinyatakan negatif. Sehingga sekarang beliau ini sudah diperbolehkan pulang untuk menjalani isolasi mandiri di rumah. Namun untuk 1 orang lagi, yang berasal dari Desa Talawi Hilir itu ternyata masih positif Covid, sehingga dilanjutkan proses karantina. Namun 1 orang ini karena mengidap gangguan asam lambung maka direkomendasikan untuk dirujuk ke Padang, sehingga kemarin malam itu sudah dibawa ke RS Semen Padang,” jelas Walikota Deri Asta.

Sementara, selain 2 orang tadi, dari total 1.000 orang lebih lainnya yang menjalani SWAB test massal dinyatakan negatif Covid. Sehingga dengan kondisi ini, Pemprov Sumbar menganggap Kota Sawahlunto layak untuk ikut menerapkan tahapan tatanan normal baru aman dan bebas dari Covid – 19 atau yang lebih populer disebut ‘New Normal’.

Baca juga : 1.600 Sampel Diambil Untuk Pastikan Sawahlunto Bebas Covid-19

Lebih lanjut Walikota Deri Asta menyebutkan, ada 7 sektor yang akan diaktifkan kembali dengan penerapan protokol kesehatan penmcegahan Covid-19, yaitu pasar tradisional, pasar retail modern, restoran, hotel, pelayanan satu pintu (PTSP), tempat wisata dan transportasi umum. Selain itu juga rumah – rumah ibadah dan tempat pendidikan (sekolah).

“Nah, semua yang diperbolehkan beraktifitas kembali itu wajib menerapkan protokol kesehatan mencegah Covid – 19. Ada 3 yang paling penting, yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak serta kontak fisik (physical distancing). Sehingga semua aktifitas yang dilakukan tidak boleh melanggar protokol kesehatan ini, aparat dari TNI – Polri akan mengawasi untuk memastikan protokol kesehatan tersebut benar – benar dilakukan,” ujar Walikota Deri Asta.

Baca juga : Dari Sampel 1.000 Orang Warga Sawah Lunto Positif Covid Hanya 2 Orang

Sumber : Fanpage Humas Pemko Sawahlunto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *