Pelabuhan Teluk Tapang Ditinjau Kemenko Marves

pembangunan infrastruktur Pelabuhan Teluk Tapang, Air Bangis, Kecamatan Sungai Beremas Kabupaten Pasaman Barat,

SUMBAR24.COM — Guna mempercepat pembangunan infrastruktur Pelabuhan Teluk Tapang, Air Bangis, Kecamatan Sungai Beremas Kabupaten Pasaman Barat, Kementrian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) melakukan kunjungan ke lokasi tersebut.

Kunjungan tersebut sekaligus meninjau rencana pembangunan sarana penunjang lainnya berupa pembukaan jalan penghubung dari Bunga Tanjung hingga ke lokasi pelabuhan serta beberapa infrastruktur lainnya.

Dalam kunjungan tersebut turut hadir bersama Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit dan Bupati Pasaman Barat Yulianto. Sementara Kemenko Marves dipimpin Asisten Deputi Infrastruktur Pengembangan Wilayah Kemenko Marves Djoko Hartoyo hadir bersama rombongan.

Pasar Raya Padang Berbenah, Wako Mahyeldi Resmikan Sejumlah Sarana Baru

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit berharap agar pembangunan jalan dan infrastruktur tersebut cepat terealisasi dan bisa dioperasikan. Sebab, untuk anggarannnya sudah disiapkan dari tahun 2021 sampai 2024.

“Kami berharap dengan koordinasi Kemenko Marves pembangunan pelabuhan ini cepat terlaksana,” ujar Wagub Nasrul.

Serupa dengan Wagub, Bupati Pasaman Barat Yulianto juga berharap agar pembangunan infrastruktur ini secepatnya bisa terealisasi.

“Ini memang butuh proses yang panjang, walau pembangunan dermaga untuk pelabuhan singgah sudah siap, namun kita tetap selalu berkoordinasi dengan pusat. Bagaimana pun Pemerintah Daerah tidak mampu berbuat sendiri, tentu butuh arahan dari Kemenko Marves,” pungkas Yulianto.

Dalam 2 Tahun, Masjid Agung Payakumbuh Segera Terwujud

Sementara itu juru bicara rombongan Kemenko Marves, Ridwan Djamaluddin menjelaskan bahwa terdapat progres pembangunan jalan yang telah dilakukan sampai saat. Pembukaan trase jalan dari Pertigaan Bunga Tanjung hingga ke pelabuhan sepanjang 33,86 Km, pengaspalan sepanjang 7,7 Km. Pengerasan jalan sepanjang 15,65 Km, serta pembangunan jembatan sebanyak 7 unit dari total 13 unit dengan 1 unit dilaksanakan di tahun 2020.

“Sedangkan untuk pembangunan infrastruktur daerah Pelabuhan Teluk Tapang ini telah berjalan beberapa proses. Dimulai dari penyusunan Fisibiliti Study (FS), Penyusunan Rencana Induk Pelabuhan (RIP) berikut perubahannya. Dan 2020 akan dilakukan penyusunan DED oleh Kemenhub yang diharapkan selesai Agustus mendatang,” jelas Deputi Ridwan.

Selain itu, dalam pembangunan infrastruktur sisi darat ini juga masih ada beberapa proces lagi. Yaitu proses peralihan IPPKH dari Pemkab Pasaman Barat ke Kemenhub, melalui Kemen LHK serta pengalihan Pemilik / Pengelola AMDAL dari Pemprov Sumbar ke Kemenhub.

“Untuk Kemenko Marves sendiri bertugas mengawal semua kebijakan tersebut agar bergerak cepat dan operasionalnya maksimal,” pungkas Deputi Ridwan.

Foto : Pasaman Barat Pemkab

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *