Islam  

Yuk, Biasakan Baca Surat Al Kahfi di Setiap Jumat

Biasakan Baca Surat Al Kahfi di Setiap Jumat

SUMBAR24.COM — Kitab suci Al Quran diturunkan Allah Ta’ala melalui Nabi-Nya Muhammad Shalallaahu ‘alaihi wassallam sebagai petunjuk bagi umat manusia.

Dari sekian ribu firman-Nya, semuanya adalah penuntun dalam menjalankan hidup dan kehidupan ini. Salah satu surah yang sangat dianjurkan dibaca setiap hari Jumat adalah Al Kahfi.

Surat Al Kahfi atau Ashabul kahfi berada di juz 15 dan di awal juz 16. Surat Al Kahfi termasuk dalam golongan surat Makiyyah atau surat yang diturunkan di kota Makkah. Dalam surat Al Kahfi terdapat 110 ayat dan merupakan surat ke 18 dari 114 surat dalam Al Quran.

Banyak manfaat yang bisa kita ambil dari membaca surat Al Kahfi ini, sebagaimana yang disampaikan hadist berikut;

“Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at, dia akan disinari cahaya di antara dua Jum’at.” (HR. An Nasa’i dan Baihaqi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih sebagaimana dalam Shohihul Jami’ no. 6470)

Betapa banyak orang lalai dari amalan yang satu ini ketika malam Jum’at atau hari Jum’at, yaitu membaca surat Al Kahfi. Atau mungkin sebagian orang belum mengetahui amalan ini.

Padahal membaca surat Al Kahfi adalah suatu yang dianjurkan (mustahab) di hari Jum’at karena pahala yang begitu besar sebagaimana berita yang dikabarkan oleh orang yang benar dan membawa ajaran yang benar yaitu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Nabi Ibrahim Sebagai Teladan Umat Manusia

Hadits-hadits yang membicarakan hal ini kami bawakan sebagian pada posting yang singkat ini. Semoga bermanfaat.

Hadits pertama:

Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada malam Jum’at, dia akan disinari cahaya antara dia dan Ka’bah.” (HR. Ad Darimi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih sebagaimana dalam Shohihul Jami’ no. 6471)

Hadits kedua:

Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at, dia akan disinari cahaya di antara dua Jum’at.” (HR. An Nasa’i dan Baihaqi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih sebagaimana dalam Shahihul Jami’ no. 6470)

Inilah salah satu amalan di hari Jum’at dan keutamaan yang sangat besar di dalamnya. Akankah kita melewatkan begitu saja?

Sungguh banyak faedah dan keutamaan jika kita membaca surat Al Kahfi, di antaranya terhindar dari fitnah dajjal, mendapatkan ridha dari Allah Ta’ala, diampuni dosanya, dijaga dari gangguan setan, dan disinari cahaya kebaikan di akhiran nanti.

Semoga Allah selalu memberikan kita ilmu yang bermanfaat dan dimudahkan untuk beramal sholeh sesuai tuntunan Nabi-Nya shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Alhamdulillahilladzi bi ni’matihi tatimmush shalihaat. Wa shallallahu ‘ala nabiyyiina Muhammad wa ‘ala alihi wa shahbihi wa sallam.

Syaikh Dhiaurahman Al A’zhami, Ulama Hadist dan Pengajar Masjid Nabawi

Dirangkum dari Rumaysho dan berbagai sumber lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *