Tahun Depan, Payakumbuh Targetkan 50 Ekor Sapi Kurban Randang

ASN Berkurban perdana sukses, Sapi Kurban Randang
Daging kurban yang telah menjadi randang/ Dok. Disnakerin Kota Payakumbuh

SUMBAR24.COM — Idul Adha 1442 H nanti, Pemerintah Kota Payakumbuh memastikan kembali menggelar porgram ASN Berkurban. Setelah sukses dengan 5 ekor sapi, ditargekan di tahun mendatang bisa mencapai 50 ekor sapi kurban randang.

Program ASN Berkurban tahun ini berhasil menyembelih 5 ekor sapi. Sebahagian besar daging kurban tersebut dibuat randang. Dari 125 Kg daging as tersebut mampu menghasilkan 428 bungkus, masing-masing seberat 250 gram.

Randang tersebut dikemas rapi dan disalurkan kepada 288 warga kurang mampu di 46 kelurahan. Sedangkan, 140 bungkus diberikan kepada 35 peserta kurban. Masing-masing kebagian 4 bungkus atau 1 Kg.

Dalam 2 Tahun, Masjid Agung Payakumbuh Segera Terwujud

Sedangkan, daging dalam bentuk lainnya seperti jeroan dan cincang disalurkan kepada 300 pegawai kontrak atau THL. Serta tak ketinggalan warga disekitar lokasi rumah potong hewan (RPH) Kotopanjang Payobasung.

Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi menilai porgram ASN Berkurban itu sebuah pembuktian dan komitmen dalam menjalani perintah Allah Ta’ala.

“Semangat ini harus dipelihara dan ditingkatkan. Sehingga eksistensi ASN di tengah masyarakat, kian dirasakan dalam berbagi kepada publik. Saya minta, ASN Berkurban Tahun 1442 H nanti, harus lebih tinggi loncatannya, 50 ekor sapi,” tegas Riza Falepi.

Keinginan Wali Kota itu, direspon Wawako Erwin Yunaz, selaku inisiator ASN Berqurban. Dalam rapat pembubaran panitia ASN Berqurban 2020, di ruang pertemuan Randang di Balaikota, Jumat (7/8).

Pembangunan Masjid Agung Payakumbuh Disetujui Wakil Rakyat

Erwin meminta pimpinan perangkat daerah, dari sekarang memotivasi staf untuk ikut serta berkurban.

Bahkan, tambah Erwin, kegiatan ASN Berkurban ini telah dilaporkannya kepada Menteri Koperasi UKM, Menteri Pertanian dan Menteri Perindustrian.

“Dua dari tiga menteri ini, sudah menjanjikan untuk ikut serta berkurban masing-masing satu sapi,” ungkap Erwin Yunza.

“Menteri saja di Jakarta sana, mau ikut berpartisipasi. Masa kita, ASN di Payakumbuh minim kepersertaannya. Makin banyak jumlah sapi yang disembelih, semakin banyak pula randang akan dibagikan kepada warga,” ingat wawako.

Komunitas Sepeda Marak, Payakumbuh Bisa Lahirkan Pembalap Nasional

Payakumbuh yang kini tengah gencar mem-branding kotanya sebagai City of Randang. Semakin terasa gebyarnya dengan kegiatan ASN Berkurban ini. Bahkan memiliki dampak cukup besar dalam membangun semangat sosial bermasyarakat.

“Kita yakin, di Indonesia kemungkinan hanya ASN Payakumbuh yang memulai acara berbagi dalam bentuk berkurban randang ini,” tutup Erwin Yunaz.

Sumber : Jekanes

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *