Korban Kebakaran Parambahan Terima Bantuan Pemkab Tanah Datar

Musibah kebakaran di parambahan lima kaum

SUMBAR24.COM — 7 Rumah di jorong Tigo Batua Nagari Parambahan Kecamatan Lima Kaum, Rabu (19/08/20) dilalap sigulambai. Kebakaran yang terjadi sekitar pukul 13.30 WIB melahap rumah yang dihuni 13 KK dengan 39 jiwa.

Api yang diduga berasal dari aliran arus pendek listrik itu, sangat cepat tersebarnya. Dab merambat diantara rumah-rumah semi permanen dan rumah kayu.

Wali Nagari Parambahan Roby Yasdi mengungkapkan kerugian diperkirakan lebih dari Rp.1 Milyar.

“Kesaksian dari masyarakat, api diduga berasal dari arus pende. Diperkirakan kerugian mencapai Rp.1,1 Milyar karena api cepat merambat, sehingga tidak ada barang yang mampu diselamatkan,” ujar Wali Nagari Roby Yasdi.

Wali Nagari Roby bersyukur tidak ada korban jiwa.

“Alhamdulillah, walau harta dan rumah tidak terselamatkan, namun tidak sampai ada korban jiwa. Untuk masyarakat yang tertimpa musibah sudah kita ungsikan di beberapa tempat dan ada juga ke rumah familinya,” kata Robi Yasdi.

Sementara itu Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma, turut berduka cita atas musibah yang terjadi. “Tentu musibah ini tidak ada yang menginginkannya, namun ini sudah ketetapan dari Allah. Tetap bersabar dan berusaha ikhlas atas cobaan ini,” ujar Wabup Zuldafri.

Atas nama pemerintah daerah, tambah Wabup, saat ini serahkan bantuan berupa logistik sementara.

“Bantuan berupa beras, telur, lauk pauk dan beberapa item lainnya ini bantuan dari Kemensos RI melalui Dinas Sosial Tanah Datar. Semoga bantuan ini bisa sedikit membantu kebutuhan korban yang ditimpa musibah saat ini,” tambah Zuldafri.

Diakhir penyampaiannya, Wabup Zuldafri Darma menghimbau masyarakat waspada dan berhati-hati terhadap berbagai potensi musibah. “Covid 19 di Tanah Datar masih belum habis, tetap waspada dan tetap terapkan protokol kesehatan dalam kegiatan sehari-hari, terutama memakai masker. Kemudian karena cuaca yang kerab berubah, juga dihimbau masyarakat selalu waspada, seperti potensi kebakaran, banjir ataupun tanah longsor dan lainnya dapat diminimalisir agar tidak terjadi,” tukuk Wabup Zuldafri.

Sementara itu Kasi Pemadam Kebakaran dan Keamanan Satpol PP dan Damkar, Fauzi. pemadaman yang dilukakan melibatkan 8 mobil armada.

“3 unit mobil damkar Batusangkar, 1 unit dari posko Batipuh, 1. Unit dari posko Salimpaung, 1 unit dari pemadam kebakaran Padang Panjang, dan 2 unit dari mobil PDAM Batusangkar untuk Supplay Air, sehingga sekira pukul 15.00 WIB api bisa dipadamkan,” ungkap Fauzi.

Berikut daftar korban kebakaran Parambahan, Kecamatan Lima Kaum :
1. Rumah 1, dihuni 4 Orang, 1 KK. An. Yogi Fernandes.
2. Rumah 2, dihuni 3 Orang, 1 KK. An Palnioto.
3. Rumah 3, dihuni 12 Orang, 4 KK. An. Syafrizal AS, Miko, Irvan, Afdal
4. Rumah 4, dihuni 6 Orang, 2 KK. An. Rosi Deswanti, Rafdinur
5. Rumah 5, dihuni 10 Orang, 3 KK An. Nofrizal/Yen, Irman/Mas, Repi/Mira.
6. Rumah 6, dihuni 2 Orang, 1 KK. An. Gustamar (Ujang Ceng)
7. Rumah 7, dihuni 2 Orang, 1 KK. An. Emi. (Humas/dvd)

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *