Kabar  

Presiden Jokowi Luncurkan Subsidi Gaji Bagi Pekerja Non PNS

Presiden Jokowi Luncurkan Subsidi Gaji Bagi Pekerja Non PNS
Dok . https://www.setneg.go.id/

SUMBAR24.COM — Jokowi resmi luncurkan subsidi gaji bagi pekerja bergaji di bawah Rp 5 juta, Kamis (27/08/20). Program bantuan ini diluncurkan langsung Presiden Joko Widodo dalam sebuah acara di Istana Presiden.

Acara yang ditunggu-tunggu sebagian besar warga masyarakat ini, sempat tertunda. program bantuan Rp 600.000 untuk pekerja non-PNS dan BUMN bergaji di bawah Rp 5 juta saja. 

Dihadiri sejumlah pejabat negara peluncuran program tersebut dihadiri pula tamu undangan dan sebagian lagi secara virtual. 

“Dari bantuan yang sudah ada hari ini kita lengkapi lagi yang namanya tambahan subsidi gaji totalnya 15,7 juta pekerja diberikan Rp 2,4 juta. Ini memang diberikan kepada para pekerja yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan,” kata Joko Widodo, dilansir DW Indonesia, Kamis (27/08/20). 

Mulai Senin Besok, Pembayaran BST Tahap 4 dan 5 di Kota Pariaman Dicairkan

Pekerja yang akan menerima subsidi gaji bagi pekerja berjumlah 15,7 juta pekerja. Tahapan pertama akan diserahkan kepada 2,5 juta pekerja. Dengan targetnya September 2020 secara keseluruhan yang sudah terdata sudah ditransfer. 

“Kita harapkan yang 2,5 juta orang ini ada yang menerimanya hari ini dan mungkin mundur besok. Karena jumlahnya ini jutaan,” ucap Presiden. 

Presiden dengan curhatan perawat, goro, petugas pemadam kebakaran honorer

Dalam acara peluncuran tersebut Presiden Jokowi membuka dialog dengan warga. Pertama dengan seorang perawat yang bekerja di RS Mitra Keluarga Kelapa Gading Jakarta yang menceritakan gajinya dipotong imbas krisis akibat pandemi virus corona. 

Selanjutnya seorang guru honorer dan petugas pemadam kebakaran honorer. Bagi guru honorer tersebut mengatakan akan menggunakan subsidi gaji untuk membayar listrik, air, serta kuota internet untuk keperluan belajar-mengajar. 

Jutaan pekerja yang mendapatkan subsidi tersebut berdasarkan perusahaannya disiplin membayar iuran BPJS Ketenagakerjaan.

“Saya kira komplet, ada pekerja honorer, ada termasuk guru honorer, petugas damkar honorer, ada karyawan hotel, tenaga medis perawat ada, petugas kebersihan, karyawan hotel, ya komplet. Siapa pun yang bayar iuran BPJS Ketenagakerjaan yang aktif sampai Juni, rajin, patuh, itu yang diberi,” ungkap Presiden Jokowi. 

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *