,

Bukan Hoax! LIPI Teliti Jahe Merah Sebagai Imunomodulator Covid-19

oleh -569 views
LIPI Teliti Jahe Merah Sebagai Imunomodulator Covid-19
Dok. Riaulink.com

SUMBAR24.COM — Saat ini Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) digandeng PT Bintang Toedjoe untuk melakukan uji klinis terhadap tanaman herbal jahe merah sebagai imunomodulator Covid-19.

Kolaborasi perusahaan farmasi bersama lembaga riset LIPI ini mendapatkan dukungan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Dilansir dari Liputan6.com, Sabtu, (05/09/20) Kepala Pusat Pengembangan Inovasi dan Iptek LIPI, Yan Riyanto mengatakan LIPI dan PT Bintang Toedjoe menjalin kerja sama selama 3 tahun sejumlah riset, salah satunya di bidang kesehatan.

Baca juga : Anak Yang Alergi Telur, Hindari 5 Makanan Enak Berikut

“LIPI sebagai lembaga riset di Indonesia terbuka untuk meneliti salah satu produknya. Dan sangat berpotensi untuk dikembangkan kedepannya ya,” kata Yan Riyanto.

Sementara itu Presiden Direktur PT Bintang Toedjoe, Simon Jonatan mengatakan melalui produk Bejo Jahe Merah akan dibuktikan bahwa jahe merah sebagai imunomodulator Covid-19.

“Saya sangat berterima kasih kepada LIPI untuk bekerja sama dengan Bintang Toedjoe dalam mengadakan uji klinis Bejo jahe merah,” sebut Simon Jonatan.

Jahe Merah Bermanfaat Bagi Kesehatan Tubuh/inibaru.id

Jahe Merah Sebagai Imunomodulator Covid-19

Abdi Wira Septama, peneliti dari Pusat Penelitian Kimia LIPI mengatakan secara terminologi, imunomodulator merupakan satu bahan yang dapat memodulasi atau mengatur sistem imunitas dengan cara menekan reaksi imun yang berlebihan.

“Bahan tersebut kemudian meningkatkan reaksi imunitas dan dapat memperbaiki reaksi imunitas dalam keadaan tidak seimbang,” papar Abdi Wira dalam Webinar bertema “Hoax atau Fakta : Uji Klinis jahe Merah sebagai Imunomodulator Covid-19”, Senin (31/08/20) lalu.

“Jahe merah berpotensi untuk dikembangkan sebagai bahan obat imunomodulator, didasarkan dari hasil penelitian-penelitian dan juga data empiris. Diketahui jahe merah secara tradisional telah digunakan sebagai obat dalam mengobati berbagai penyakit termasuk penyakit infeksi dan juga antiinflamasi,” kata Abdi Wira Septama.

Baca juga : Terbukti Efektif Secara Ilmiah, Inilah 5 Jenis Diet Terbaik

Jahe merah, kata Abdi memiliki potensi dalam mengatur sistem imunitas alami sehingga berpotensi dikembangkan menjadi produk fitofarmaka melalui pembuktian secara klinis. Fitofarmaka adalah obat dari bahan alam yang telah dibuktikan keamanan dan khasiatnya secara ilmiah dengan uji praklinis dan uji klinis. ‘Kelas’ fitofarmaka berada di atas Jamu dan Obat Herbal terstandar.

Semoga dengan apa yang sedang diupayakan LIPI bersama PT Bintang Toedjoe terhadap jahe merah benar-benar menjadi sebuah obat dalam menanggulangi virus corona ini.

Oya, sebelum jahe merah benar-jadi obat anti Covid-19, kita bisa mengkonsumsi herbal ini dengan cara tradisional, atau juga bisa beli jahe merah yang sudah dikemas di toko penjualan herbal. Setidaknya daya tahn tubuh kita akan semakin baik dalam beraktifitas. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *