Kabar  

Malaysia Tegaskan Lindungi Pengungsi Uighur, Tolak Permintaan China

Malaysia Tegaskan Lindungi Pengungsi Uighur

Penderitaan kaum muslimin dimana pun berada, adalah penderitaan kita jua di tempat kita tinggal saat ini. Segala daya dan upaya kita kirimkan untuk membantu mereka, setidaknya doa kepada Yang Maha Melihat dan Mendengar.

Dilansir dari MoslemToday, Ahad (06/09/20) Negeri jiran kita Malaysia mengatakan bahwa mereka tidak akan melaksanakan permintaan ekstradisi pengungsi Uighur oleh Pemerintah China. Negara Malaysia akan memberikan perlindungan sepenuhnya bagi pengungsi Uighur yang ingin melanjutkan perjalanan ke negara ketiga.

Negara yang berada di Semenanjung Malaka itu telah menjadi negara tujuan transit selain Turki oleh etnis Uighur. Para pengungsi dan aktivis Uighur yang melarikan diri ke negara tersebut dari penindasan dan pengasingan oleh Pemerintah Komunis China. PBB mengatakan bahwa setidaknya ada satu juta etnis Muslim Uighur yang ditahan di kamp pelatihan di Xinjiang, China.

Baca juga :

Indonesia Diincar China Sebagai Pangkalan Logistik Militernya

“Karenanya, jika ada pengungsi Uighur yang lari ke Malaysia untuk mencari perlindungan, Malaysia telah memutuskan untuk tidak menyerahkan mereka bahkan jika ada permintaan dari Republik Rakyat China,” ungkap Pejabat Menteri Malaysia Mohd Redzuan Md Yusof, seperti dilansir dari Reuters, Jumat, (04/09/20).

“Malaysia akan memberikan perlindungan dan akses ke negara ketiga jika mereka merasa keamanannya terancam atau berpotensi mengalami persekusi, dimana mereka merasa tidak mendapat perlindungan dan keadilan di negara asal mereka,” tambah Md Yusof.

Baca juga :

Muhammad Bin Salman Tolak Damai, Menantu Trump Gagal Total

Pernyataan Md Yusof telah disampaikan secara tertulis kepada Parlemen Malaysia dan telah dipublikasikan di situs resminya. Hal ini menandakan untuk pertama kalinya Malaysia telah mengambil sikap yang jelas untuk memberikan perlindungan terhadap pengungsi Uighur yang melarikan diri dari kezaliman Negara Komunis China.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *