Pemko Padang Terima Instalasi Pengolahan Air dari BPPW Sumbar

Pemko Padang Terima Instalasi Pengolahan Air

SUMBAR24.COM — Sejumlah aset milik negara akhirnya diserahkan ke Pemko Padang. Diantara aset tersebut adalah instalasi pengolahan air berupa Instalasi Pengelolaan (IPA) Palukahan/Taban II Balai Gadang Koto Tangah, serta sejumlah proyek hibah barang milik negara lainnya.

Acara serah kelola pekerjaan tersebut ditandai dengan penandatanganan berita acara, Kamis (10/09/20) antara Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah dan Kepala BPPW Sumatera Barat, Syafianti di IPA Taban II Palukahan Balai Gadang, Kecamatan Koto Tangah.

Wali Kota Mahyeldi dalam sambutanya mengucapkan terimakasih atas bantuan dan dukungan yang telah diberikan Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Sumatera Barat.

Baca juga :

Mahyeldi Resmikan Masjid Muthmainnah Simpang Tiga Belimbing

“Alhamdulillah berkat dukungan tersebut, semoga dapat menjadikan Kota Padang semakin baik dalam memberikan berbagai pelayanan publik bagi masyarakat kota Padang,” ucap Wali Kota Mahyeldi.

Sementara itu Kepala BPPW Sumatera Barat, Syafianti mengatakan, IPA Palukahan II yang diserahkan pengelolaan kepada Pemko Padang merupakan IPA Indoor pertama di Sumatera Barat, yang dibangun secara fisik dengan dana APBN sebesar Rp. 28 miliar.

“IPA Palukahan II ini mampu menambah pelayanan lebih kurang 7000 sambungan rumah. IPA Palukahan ini juga merupakan bagian dari rencana pengembangan SPAM Taban dengan kapasitas 500 liter per detik yang direncakan untuk pemenuhan wilayah Utara Kota Padang,” jelas Syafianti.

Dikatakan Syafianti IPA Palukahan ini memiliki kapasitas produksi sebesar 100 liter air perdetik, dan telah menggunakan metode pengolahan lengkap (full treatment) dan didukung teknologi IT dalam pengoperasiannya.

Diantara hibah yang akan dikelola Pemko Padang selain instalasi pengolahan air, IPA Palukahan/Taban II ada juga Peningkatan Kualitas Permukiman kumuh Perkotaan Kawasan Batang Arau dengan nilai Rp.15 miliar.

Baca juga :

Pulih Dari Virus Corona, Hendri Septa Imbau ASN Agar Jadi Agen Pencegahan Covid-19

Penataan Bangunan Kawasan Pantai Air Manis (Batu Malin Kundang) dengan nilai aset Rp.13,9 miliar, nilai aset ini digunakan untuk membangun pendistrian dan mempercantik Batu Maling Kundang dan kawasan sekitarnya.

“Dengan total keseluruhan sekitar Rp. 60 miliar dari Kementerian PUPR. Dan kita tentunya berharap Pemko Padang dapat menjaga dan merawat apa-apa yang telah dibangun tersebut dengan sebaik mungkin,” simpul Syafianti.

Selai itu BPPW Sumbar juga menghibahkan Instalasi pengelohan sampah organik sistem penimbunan sebanyak dua unit, taman dan jaringan induk distribusi untuk kapasitas besar dan kecil yang dapat digunakan untuk membantu pendistribusian air bersih di Kota Padang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *