,

Menjaga Imun Di Saat Pandemi Dengan Mengkonsumsi Jahe Merah

oleh -10 views
Konsumsi Jahe Merah

SUMBAR24.COM — Sejumlah peneliti menyebutkan bahwa dengan mengkonsumsi jahe merah dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Tumbuhan yang tergolong tanaman rimpang atau Rhizoma ini sering dijadikan sebagai campuran minuman atau rempah masakan.

Beberapa waktu lalu kami menurunkan relis berupa kerjasama penelitian antara LIPI dan PT Bintang Toedjoe. Dimana salah satu bentuk kerjasama tersebut, bahwa mereka akan melakukan penelitian untuk membuktikan bahwa jahe merah sebagai imunomodulator Covid-19.

Menurut Abdi Wira Septama, peneliti dari Pusat Penelitian Kimia LIPI mengatakan secara terminologi, imunomodulator merupakan satu bahan yang dapat memodulasi atau mengatur sistem imunitas dengan cara menekan reaksi imun yang berlebihan.

Bahan tersebut kemudian meningkatkan reaksi imunitas dan dapat memperbaiki reaksi imunitas dalam keadaan tidak seimbang.

“Jahe merah berpotensi untuk dikembangkan sebagai bahan obat imunomodulator, didasarkan dari hasil penelitian-penelitian dan juga data empiris. Diketahui jahe merah secara tradisional telah digunakan sebagai obat dalam mengobati berbagai penyakit termasuk penyakit infeksi dan juga antiinflamasi,” kata Abdi Wira Septama.

Baca juga :

5+ Cara Mengecilkan Perut Buncit, Yuk Dicoba!

Berikut 10 Manfaat Jahe Merah yang Mampu Redakan Penyakit :

  1. Membantu Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Pengonsumsi rutin jahe merah akan memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat karena rempah tersebut dapat melawan virus serta bakteri yang hendak menyerang sistem imunnya. 

Nah apalagi disaat pandemi covid-19 ini, obat untuk virus ini belum ditemukan. Sementara tubuh kita butuh kekebalan agar tidak terkena penyakit dari virus maupun bakteri. Untuk itu tidak ada salahnya untuk rutin mengkonsumsi jahe merah, hingga para ahli nantinya telah menemukan obat yang sebenarnya.

2. Mengurangi Risiko Terkena Radang Usus

Meminum rebusan jahe merah juga dapat membantu mengurasi risiko terkena radang usus menjadi berkurang. Penyebabnya adalah jahe merah memiliki kandungan zat zingeron yang aktif menghambat enzim yang menyebabkan munculnya peradangan di saluran pencernaan.

3. Meredakan Gejala Batuk dan Sakit Tenggorokan

Kandungan flavonoid pada jahe merah memiliki sifat anti peradangan. Jadi jahe merah bisa meredakan gejala batuk-batuk, dan gejala sakit tenggorokan, terutama radang tenggorokan.

4. Meringankan Sakit Kepala

Jahe merah memiliki kandungan kamfena, cita rasa pedas, serta efek menghangatkan pada tubuh. Jadi dengan hanya merebus jahe merah dapat dijadikan penawar saat sakit kepala menyerang.

5. Mengurangi Kadar Kolesterol dalam Tubuh

Jahe merah dapat menghancurkan lemak jahat yang ada dalam tubuh dan mencegah munculnya penyakit kolesterol tinggi. Jadi, tak hanya bermanfaat bagi penderita penyakit tersebut, orang sehat pun dapat mengonsumsi jahe merah agar terhindar dari penyakit kolesterol tinggi. 

6. Mampu Mengatasi Rematik

Kandungan flavonoid yang dimiliki jahe merah juga mampu mengatasi penyakit rematik. Sebagai salah satu upaya dalam mengobati penderita rematik dan peradangan sendi dapat mengkonsumsi jahe merah. Jadi, jahe merah dapat menjadi obat alternatif dan alami untuk mengobati rematik, lho.

Baca juga :

Anak Yang Alergi Telur, Hindari 5 Makanan Enak Berikut

7. Menghindari Resiko Penyakit Jantung

Salah satu penyebab munculnya penyakit jantung adalah kadar kolesterol dan trigliserida yang terlalu tinggi pada tubuh. Dengan menjadikan jahe merah sebagai konsumsi rutin sehari-hari, kadar kolesterol dan trigliserida dapat diturunkan. Maka dari itu mencampurkan jahe merah pada minuman atau masakan setiap hari dapat membantu kita terhindar dari serangan penyakit jantung.

8. Menjaga Kesehatan Lambung, Pencernaan dan Radang Usus

Manfaat jahe merah selanjutnya adalah menjaga kesehatan lambung dan pencernaan. Bahkan, infeksi dan juga luka yang ada pada lambung dapat disembuhkan dengan jahe merah. Serta mampu menjaga jumlah asam dalam lambung agar tetap stabil.

Dan juga Jahe Merah dapat membantu mengurangi resiko terkena radang usus. Sebab jahe merah memiliki zat zingeron yang aktif menghambat enzim yang menyebabkan munculnya peradangan di saluran pencernaan.

9. Meringankan Asma atau Sesak Napas

Khasiat jahe merah yang terakhir adalah meredakan dan mengobati penyakit asma atau sesak napas. Minyak atsiri yang dimilikinya mampu melegakan saluran pernapasan. Rebusan jahe merah tersebut dapat disuguhkan saat sudah hangay kepada penderita gangguan pernapasan, seperti sesak napas atau asma. 

10. Membantu Pola Diet

Jahe merah dapat dijadikan sebagai konsumsi pendukung bagi orang yang ingin menurunkan berat badan karena mampu mengontrol nafsu makan. Dengan mengonsumsi jahe merah, rasa kenyang pada perut akan bertahan lebih lama sehingga nafsu untuk terus menyantap sesuatu menjadi berkurang. 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *