9 Manfaat Siput Sawah Bagi Kesehatan Dan Bahayanya Jika Konsumsi Berlebihan

oleh -22 views
9 Manfaat Siput Sawah Bagi Kesehatan Dan Bahayanya Jika Konsumsi Berlebihan

SUMBAR24.COM — Siput sawah atau nama latinnya Pila Ampullaceal termasuk jenis siput air tawar yang mudah ditemukan di bandar, aliran parit, sawah, sungai, serta danau. Secara tradisional masyarakat kita telah kenal dengan manfaat siput sawah atau siput air ini.

Contoh di Sumatera Barat siput sawah tidak hanya bisa digoreng bahkan juga bisa dijadikan gulai siput bahkan rendang siput. Makanan ini bisa menjadi pengganti protein hewani dari daging.

Menurut Positive Deviance Resource Centre, siput sawah memiliki kandungan gizi yang tinggi. Dalam 100 gram siput air mengandung protein sekitar 12 persen, kalsium 217 milligram, rendah kolesterol, 81 gram air, dan sisanya mengandung energi, protein, kalsium, karbohidrat, dan fosfor.

Baca juga :

Menjaga Imun Di Saat Pandemi Dengan Mengkonsumsi Jahe Merah

Dirangkum dari berbagai sumber. Melalui tulisan ini, berikut 9 manfaat siput sawah bagi kesehatan.

  1. Menurunkan Kolesterol. Kandungan asam lemak omega 9 dari keong sawah membantu menurunkan kolesterol jahat atau LDL serta mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, menjaga suasana hati, menurunkan Alzheimer, dan meningkatkan energi.
  2. Mengatasi Diabetes. Kandungan asam lemak omega 3, omega 6, dan omega 9 mampu meningkatkan kemampuan terhadap sensitivitas insulin. Memiliki riwayat gula darah atau diabetes, sebaiknya mulai konsumsi siput sawah pada waktu-waktu tertentu. Sejumlah penelitian membuktikan bahwa konsumsi lemak tak jenuh akan memberi penurunan tingkat radang dan pemicu penyakit diabetes.
  3. Mengembangkan Kinerja Otak. Asupan omega 3 dan omega 6 sebagai nutris otak, selama ini dikenal hanya bersumber dari minyak ikan. Namun siput sawah atau siput air juga memiliki omega 6 yang berperan dalam perkembangan otak. Selain itu, kedua asam lemak tersebut juga baik untuk memelihara hormone, kulit, kuku, rambut, mencegah sel rusak.
  4. Mengobati Ambeien. Sudah lama dikenal oleh masyarakat bahwa mengonsumsi siput sawah menjadi cemilan, sate, tumis, atau goreng sebagai alternatif pengobatan alami pada Ambeien.
  5. Menjaga Kesehatan Rambut. Omega 3 dari keong atau siput air menjadi agen anti-inflamasi yang mampu merngatasi berbagai masalah rambut, seperti membantu pertumbuhan, memelihara folikel, meningkatkan elastisitas dan kekuatan, membuat tebal, serta meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala.
  6. Bagus untuk Pertumbuhan dan Kepadatan Tulang. Dikutip dari Liputan6.com, menurut Asih Setriarini Ir Msc., dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM-UI), “Siput air ini proteinnya bagus. Pada masa pertumbuhan seorang anak, yang mereka butuhkan adalah protein,”.
  7. Sebagai Antiseptik Penyembuh Luka. Dari lendirnya siput air bisa juga dimanfaatkan secara tradisional sebagai obat penyembuh luka berdarah dan lecet. Cukup dengan mengoleskan lendir siput air yang memiliki Antiseptik alami ini ke kulit yang terluka menggunakan kapas.
  8. Mengatasi Jerawat dan Jaga Kesehatan Kulit. Ternyata lendir siput sawah baik untuk mengatasi jerawat meradang, membantu mengurangi kerutan, serta proses regenerasi kulit. Lendirnya memiliki sifat antiseptik dan antiradang sehingga baik dalam membersihkan area jerawat dari bakteri.
  9. Memperkuat Kekebalan Tubuh. Manfaat siput air bagi kesehatan selanjutnya ialah kandungan vitamin A dan C yang tinggi serta asam folat. Ditambah berbagai nutrisi lain, hal ini baik dalam menjaga sistem imun tubuh.

Baca juga :

5+ Cara Mengecilkan Perut Buncit, Yuk Dicoba!

Bahayanya Konsumsi Keong Sawah Berlebih

Setiap makanan jika dikonsumsi berlebihan akan ada efek sampinya. Begitu juga siput sawah atau siput air, yang tumbuh dan berkembang biak di kondisi dengan sarang yang penuh air dan lumpur.

Karena kondisi tersebut kemungkinan besar bisa menyebabkan cacingan. salah satunya jenis cacing schistosoma. Cacing ini akan membuat penderita mengalami diare yang lama dan peradangan. Rasa sakit selanjutnya bisa berupa mual dan muntah karena makan siput sawah berlebihan.

Demikianlan tulisan 9 Manfaat Siput Sawah Bagi Kesehatan Dan Bahayanya Jika Konsumsi Berlebihan. Semoga beberapa manfaat siput sawah bagi kesehatan tersebut dapat menambah wawasan kita. Jangan lupa saat mengolahnya harus selalu jaga kebersihan dari makan tersebut. Semoga bermanfaat.

One thought on “9 Manfaat Siput Sawah Bagi Kesehatan Dan Bahayanya Jika Konsumsi Berlebihan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *