Warga Kelurahan Batang Arau Dukung Pembangunan Galeri UMKM

Masyarakat Batang Arau Dukung Pembangunan Galeri di Wilayahnya

SUMBAR24.COM — Antusias warga Kelurahan Batang Arau Kecamatan Padang Selatan untuk pembangunan galeri UMKM sesuai rencana bisa saja terwujud dengan segera.

Rencana pembangunan galeri di Kelurahan Batang Arau Kecamatan Padang Selatan, mendapat sambutan antusias dari masyarakat.

Sebagai langkah dukungan tersebut, segenap masyarakat, khususnya warga RW 4 bersama Lurah Batang Arau Eka Saputra serta Babinsa dan Babinkamtibmas melakukan gotong-royong pembersihan di sekitar lokasi galeri, Minggu (18/10/20).

Baca juga :

Kerjasama Penggunaan Uang Elektronik, Lapas Muaro Padang Gandeng BRI

Menurut Lurah Batang Arau Eka Saputra, pembuatan galeri tersebut berasal dari bantuan dari Islamic Development Bank (IDB) melalui Forum Kota (Forkot) dalam program Kotaku (Kota Tanpa Kumuh) sebesar Rp 1 Miliar.

Rencananya galeri tersebut akan menjadi pusat penjualan aneka produk hasil UMKM dari masyarakat Kelurahan Batang Arau.

“Sebagai daerah tujuan wisata, kita memiliki banyak potensi UMKM yang perlu dikembangkan termasuk membantu memasarkannya. Untuk itu dengan adanya galeri, maka semua produk UMKM akan di pasarkan di galeri,” ujar Lurah.

Sebagai kawasan yang berada di pintu muara, mata pencaharian masyarakat kelurahan ini sebagian besar adalah nelayan. Dengan potensi hasil laut yang berlimpah, Eka berencana menjadikan Galeri Kelurahan Batang Arau menjadi pusat aneka kuliner dan oleh-oleh berbahan dasar hasil laut.

Baca juga :

Pacu Terbang Itiak, Ditetapkan Sebagai Warisan Budaya Tak Benda Indonesia

“Selain menjadi kuliner khas, kita juga telah memberi pelatihan kepada warga untuk mengolah ikan menjadi nugget yang bisa dijadikan oleh-oleh khas Batang Arau,” tambah Eka Saputra.

Eka Saputra berharap, dengan adanya galeri tersebut dapat menarik lebih banyak wisatawan yang datang. Dengan demikian memudahkan masyarakat khususnya pelaku UMKM dalam memasarkan hasil produknya. Tentunya ini dapat meningkatkan penghasilan masyarakat.

“Melalui galeri ini juga ikut mendukung program peningkatan ekonomi berbasis masyarakat yang digalakkan pemerintah,” tambah Eka Saputra. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *