Dewan Kesenian Kota Pariaman Dikukuhkan Plt Walikota Mardison

Dewan Kesenian Kota Pariaman

SUMBAR24.COM — Dewan Kesenian Kota Pariaman (DKKP) periode 2020-2025 dikukuhkan oleh Plt Walikota Mardison Mahyuddin di Aula Balaikota Pariaman, Kamis (29/10/20) lalu.

Dirilis dari Pariamankota.go.id, Sabtu (01/11/20), Wako Mardison mengharapkan agar DKKP untuk terus menjaga adat, budaya, dan kesenian. Dan menumbuhkan kepedulian generasi muda saat ini terhadap perkembangan adat, budaya dan seni daerah itu sendiri.

“Arus globalisasi dan informasi saat ini menuntut kita untuk terus menjaga adat, budaya dan kesenian daerah. Dengan kepedulian generasi muda tentu membuat kita merasa bangga dan gembira. Antusias dan animo dalam pelestarian seni dan budaya itu sendiri sangat kita apresiasi, “ ungkap Plt.Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin.

Baca juga :

Pengumuman Hasil Akhir CPNS Kota Pariaman Formasi 2019

Pelestarian seni dan budaya bukan suatu usaha bersifat elastis untuk membangkitkan feodalisme, tetapi merupakan upaya memelihara dan melindungi aset bangsa agar seluruh lapisan masyarakat mendukung pelaksanaan pembangunan bangsa dengan lebih berbudaya.

Sebab budaya merupakan aset penting terutama untuk pengetahuan dan memupuk jati diri bangsa. Berbagai upaya melalui gelar seni dan budaya misalnya terus menerus dilakukan dalam menjga atingkat keterawatannya agar kondisi kelestarian warisan sejarah masa lampau tetap terjamin.

“Saat ini Kota Pariaman telah banyak mempunyai destinasi – destinasi wisata yang ditunjang dengan 3A-nya, yakni aksesibilitas dan amenitas tetapi kita kurang atraksi.

Wadah DKKP yang telah dikukuhkan menjadi salah satu denyut nadi kehidupan seni-budaya, membina dan mengajak para seniman untuk memikirkan berbagai hal dalam konteks kesenian dan kebudayaan, “ jelas Mardison.

Mardison juga berharap kepada seluruh element masyarakat khususnya para seniman, budayawan, dan penggiat seni untuk terus melestarikan kesenian daerah dan membudayakan nilai – nilai agama, adat dalam kehidupan sehari – hari sesuai filsafah Minangkabau.

Baca juga :

Gelar Pelatihan UMKM, Anggota DPR RI Nevi Zuairina Kunjungi SMKN 2 Pariaman

Sementara itu Ketua Umum Dewan Kesenian Kota Pariaman terpilih Jasri Umar dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Pariaman yang telah mendukung DKKP untuk kembali mengemban tugas dengan baik.

“Alhamdulillah DKKP untuk peroide 2020 – 2025 telah dikukuhkan. Ini menjadi tugas yang cukup berat untuk dilaksanakan. Namun dengan kebersamaan dan dukungan penuh dari Pemerintah Kota Pariaman, kami DKKP yakin akan mengemban tugas dengan baik sehingga kesenian Kota Pariaman akan bisa dikenal lagi baik tingkat Nasional maupun Internasional, “ ungkap Jasri Umar.

Pengukuhan DKKP juga dihadiri oleh Forkopimda Kota Paraiaman, Ketua TP-PKK Kota Pariaman, Bundo Kanduang Kota Pariaman, Kepala OPD dilingkungan Pemerintah Kota Pariaman dan para seniman baik senior maupun junior se Kota Pariaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *