,

Joan Mir Juara Dunia MotoGP 2020, Meski Finish Kedelapan

oleh -48 views
Joan Mir Juara Dunia MotoGP 2020
Joan Mir Juara Dunia MotoGP 2020, Foto : Twitter MotoGP

SUMBAR24.COM — Joan Mir juara dunia MotoGP 2020. Meski dalam balapan terakhir GP Valencia di sirkuit Ricardo Tormo, Spanyol, Ahad (15/11/20), ia hanya finish kedelapan.

Joan Mir, pembalap dari tim Suzuki Ecstar ini berhasil mengumpulkan poin 171, ini artinya Mir pimpin klasemen sementara MotoGP 2020. Dan dengan jumlah poin tersebut, Mir tak akan terkejar lagi oleh pembalap manapun meski tersisa satu seri lagi, yaitu GP Portugal, 22 November 2020 mendatang.

Kekonsistenan dan ketenangan Joan Mir dalam GP Valencia ini menunjukkan ia sebagai seorang juara yang mampu bersabar dalam melalui setiap lap.

Mir tidak terlalu ambisi untuk mengejar lawan di depannya, ia hanya mencoba membalap dengan cukup telaten meski sedikit ditekan oleh Andrea Dovisiozo dan Alex Espargaro.

Bagi tim Suzuki kemenangan ini merupakan penantian panjang. Karena mereka meraih juara dunia MotoGP terakhir kali 20 tahun silam tepatnya pada tahun 2000. Dimana waktu itu pembalap mereka adalah Kenny Robert Jr sebagai sang juaranya.

Joan Mir selama musim 2020 ini cukup konsisten dalam pengumpulan poin. Meski hanya sekali meraih podium utama di GP Eropa, namun dalam seri-seri sebelumnya Mir mampu berada di podium.

Berikut daftar podium Joan Mir di musim 2020 :

  • MotoGP Austria: Juara 2
  • MotoGP San Marino Juara 3
  • MotoGP Emilia Romagna : Juara 2
  • MotoGP Catalunya : Juara 2
  • MotoGP Aragon : Juara 3
  • MotoGP Teruel : Juara 3
  • MotoGP Eropa : Juara 1

Keberhasilan Joan Mir juara dunia MotoGP 2020 ini, akhirnya menjadi keberuntungan tersendiri bagi Tim Suzuki Ecstar. Sebab tiada yang bisa mengira Suzuki menguasi musim MotoGP 2020, baik itu pembalap maupun konstruktor.

Sebenarnya, sukses Joan Mir juga dipengaruhi oleh rekan setimnya yaitu Alex Rins. Rins sering kali pula menjadi juara dalam sejumlah seri. Sehingga poin demi poin yang diraih Rins tentunya mampu menahan laju pembalap lain dan bahkan menambah poin tim secara keseluruhan.

Profil Joan Mir

Joan Mir (23) adalah pembalap tim Suzuki Ecstar berkebangsaan Spanyo, lahir 1 September 1997 di Palma de Mallorca, Spanyol.

2 thoughts on “Joan Mir Juara Dunia MotoGP 2020, Meski Finish Kedelapan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *