Anggota DPR RI Darul Siska : Remaja Harus Berencana Sebelum Menikah

Anggota DPR RI Darul Siska

SUMBAR24.COM — Anggota DPR RI Darul Siska  menyampaikan, semua adek adek remaja pasti berkeinginan untuk berkeluarga. Namun untuk berkeluarga itu perlu persiapan yang matang dan direncanakan. Tidak bisa tidak, dengan tujuan melahirkan keluarga yang berkualitas.

Demikian diungkapkan Darul Siska  melalui Sosialisasi Penyiapan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja bekerja sama dengan (BKKBN) Perwakilan Sumatera Barat di Hall Badminton Datuak Jalan Apel VIII, Kuranji, Ahad (15/11/20).

Menurut Anggota DPR RI Darul Siska ini, para remaja, baik lelaki maupun perempuan harus punya perencanaan untuk berkeluarga. Sebab keluarga itu adalah satuan terkecil dalam masyarakat untuk membangun kehidupan bernegara dan berbangsa.

Baca juga : Hari Pertama Lomba, Peserta MTQ Nasional Ke-28 Antusias, Salah Satunya Istiq Asal Papua

“Maka  harus dipersiapkan dengan sedemikian rupa, sehingga melahirkan anak anak yang sehat,cerdas, berkualitas dan berakhlak mulia,” kata Darul Siska.

Untuk mewujudkan semua itu sebut Darul Siska, para remaja harus pula mempersiapkan diri dengan baik sebelum menikah, mulai dari fisik, mental, ekonomi, dan lingkungan yang sehat.

“Jika  secara mental memang telah siap serta telah meliliki pasangan yang cocok maka bisa membangun keluarga bahagia,” terangnya.

Dan kemudian pasangan yang menikah itu bukan menjadi beban bagi kehidupan keluarganya,  masyarakat, bangsa  tetapi  menjadi aset oleh masyarakat dan bangsa ini. 

“Sebab selama ini persiapan remaja menjelang menikah itu pengalamannya kurang, sehingga tidak begitu mengerti cara melahirkan anak anak yang berkualitas  serta sesuai yang diinginkan bersama,” ucap Darul Siska.

Sementara Erisman Direktur Bina Ketahanan Keluarga Lansia Rentan BKKBN Pusat mengatakan, Program Bangga Kencana atau Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana merupakan program yang bertujuan untuk mengarahkan agar keluarga mempunyai rencana berkeluarga, punya anak, pendidikan dan sebagainya sehingga akan terbentuk keluarga-keluarga berkualitas serta SDM unggul.

Baca juga : Fenomena La Nina, Curah Hujan Tinggi, Pemko Padang Gelar Apel Parade Peralatan Kebencanaan

“Program ini adalah wujud komitmen untuk berkontribusi dalam upaya terwujudnya keluarga berkualitas dan pertumbuhan penduduk yang seimbang,” kata Erisman.

Kepala BKKBN Perwakilan Sumatera Barat Etna Estalita lakukan dialog langsung dengan para remaja Kuranji. Etna mengatakan untuk berkeluarga itu perlu direncanakan serta mencari pasangan yang cocok, baik lelaki maupun perempuan, sebab kecocokan ini juga penting dalam kualitas kehidupan berkeluarga.

“Sebab laju pertumbuhan penduduk tidak dikendalikan, akan menjadi beban dalam pembangunan. Maka dari itu  harus drencanakan dengan baik segala sesuatunya dengan baik, sehingga bisa membangun keluarga yang berkualitas,” terang Etna.

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *