, ,

Berat Badan Naik Karena WFH, Teh Hijau Solusinya!

oleh -25 views
Berat Badan Naik Konsumsi Teh Hijau
Dok. Liputan6.com

SUMBAR24.COM — Ini adalah kabar baik untuk sahabat SUMBAR24 yang bermasalah terhadap berat badan naik karena terus berada dirumah saat pandemi dan takut untuk berolah raga ke pusat kebugaran serta kamu yang sedang berusaha keras untuk menurunkan berat badan, namun tidak tahan dengan siksaan program diet yang ketat?

Sebagian besar dari kamu pasti sudah pernah mencoba menurunkan berat badan dengan diet yang ketat yang membuat tubuh merasa tertekan dan bahkan sampai sakit. Teh Hijau mungkin adalah solusi terbaik untuk kamu yang mana bisa menurunkan berat badan dengan santai.

Teh hijau dipercaya oleh orang-orang jepang dan china sebagai minuman pokok untuk menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan, karena teh hijau itu sendiri mempunyai manfaat yang luar biasa dan multikhasiat. Oleh karena itu, banyak dari orang-orang jepang dan china mengkonsumsi teh hijau agar memiliki tubuh ideal serta panjang umur dengan meminumnya secara rutin.

Baca juga : 9 Manfaat Siput Sawah Bagi Kesehatan Dan Bahayanya Jika Konsumsi Berlebihan

Pada teh hijau, komponen polifenol utamanya adalah epigallocatechin gallate (EGCG). Zat ini dapat mengaktifkan enzim yang meningkatkan metabolisme lemak. Selain itu, teh, termasuk teh hijau juga mengandung kafein yang sudah terkenal dapat meningkatkan metabolisme.

Penelitian menunjukkan pada teh hijau terdapat campuran kafein-EGCG yang mampu meningkatkan pengeluaran energi dan oksidasi lemak lebih besar dalam kurun waktu 24 jam dibandingkan kafein saja dalam jumlah yang sama. Disimpulkan bahwa EGCG memiliki efek terhadap metabolisme lemak.

Lalu, seberapa besar manfaat teh hijau dalam menurunkan berat badan kita? Penelitian membuktikan bahwa mengkonsumsi teh hijau bisa membantu penurunan dalam berat badan, namun efek yang diberikan tidak terlalu besar ataupun terlalu sedikit.

Namun pakar ahli diet menjelaskan bahwa teh hijau bukan termasuk obat kurus. Tapi bila seorang rutin mengkonsumsi teh hijau secara teratur dapat membantu dalam membakar lemak yang ada dalam tubuh dan mengontrol berat badan agar tetap ideal.

Baca juga : Menjaga Imun Di Saat Pandemi Dengan Mengkonsumsi Jahe Merah

Orang yang mengonsumsi teh hijau rata-rata memiliki pencapaian 1,31 kg lebih banyak dalam 12 minggu dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsi teh hijau. Beberapa studi lainnya menunjukkan penurunan berat badan hingga 4-5 kg lebih banyak dalam 12 minggu pada orang yang mengonsumsi teh hijau. Perbedaan hasil ini diduga dipengaruhi oleh kebiasaan konsumsi kafein sehari-hari.

Cara teh hijau membantu mengontrol berat badan adalah memaksimalkan proses pembakaran lemak ketika melakukan olahraga, dan memblok nya sehingga lemak tetap stabil dan terminimalisir, dan pada akhirnya tidak akan menumpuk dalam tubuh

Penelitian yang dilakukan mengenai manfaat teh hijau untuk penurunan berat badan tetap dikombinasikan dengan pola makan yang sesuai dengan pedoman gizi seimbang. Oleh karena itu, pola makanmu tetap memiliki peran utama dan konsumsi teh hijau hanyalah tambahan yang mungkin membantu dalam proses penurunan berat badanmu.

Semoga tulisan Berat Badan Naik Karena WFH, Teh Hijau Solusinya bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *