,

Kemenag: Arab Saudi Aktifkan Kembali Visa Jamaah Umrah Asal Indonesia

oleh -11 views
Rombongan Umrah Perdana
dok : saudinesia.com

SUMBAR24.COM — Sejak per tanggal 8 November 2020 Arab Saudi sempat menonaktifkan sementara penerbitan visa umrah untuk calon jamaah umrah asal Indonesia. Dan tanggal 19 November telah aktifkan kembali oleh Arab Saudi.

Dilsansir dari CNNIndonesia Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag), Oman Fathurahman menyatakan bahwa pemerintahan Arab Saudi telah mengaktifkan Kembali pembuatan Visa bagi para Jemaah umrah asal Indonesia per Kamis (19/11) kemarin.

“Sejak tanggal 8 November belum ada pemberangkatan [jemaah umrah] lagi, tapi alhamdulillah per hari ini [19 November] sudah bisa lagi visa umrahnya,” kata Oman dalam keterangan resminya, Jumat (20/11)

Baca juga : Kisah Rombongan Umrah Perdana dari Tanah Air Saat Tiba di Makkah

Oman mengakui sejak tanggal 8 November 2020 lalu visa umrah untuk calon jamaah umrah asal Indonesia ditangguhkan sementara oleh pihak Saudi. Pasalnya, pemerintah Saudi tengah melakukan pelbagai evaluasi penyelenggaraan umrah di tengah pandemi virus corona.

Semenjak pemerintahan Arab Saudi membuka kembali ibadah umrah bagi warga di luar negeri pada 1 November lalu, Indonesia lansung memberangkatkan tiga kloter Jemaah umrah secara berkala. Tentu dengan penonaktifan lalu membuat kloter 4 yang direncanakan akan diberangkatkan pada awal bulan November terpaksa tertunda.

Meski telah dibuka kembali, Oman belum bisa memastikan bisa memberangkatkan secepatnya, namun akan di berangkatkan Kembali setelah tanggal 20 November 2020.

“Mudah-mudahan setelah tanggal 20 ada pemberangkatan jemaah umrah kedua,” kata Oman.

Omar mengatakan saat ini pemerintahan Saudi sedang gencar dalam mengevaluasi ibadah umrah yang dijalani saat kondisi pandemi. Dimana Pemerintahan Saudi lebih focus pada penyempurnaan mekanisme tes swab virus corona serta prosedur karantina jemaah.

“Kemenag setelah evaluasinya, kita akan koordinasi dengan Kemenkes, BNPB dan pemerintah Saudi untuk menerapkan protokol kesehatan bagi jemaah umrah,” kata Oman.

Penulis : Raga Tabularasa

3 thoughts on “Kemenag: Arab Saudi Aktifkan Kembali Visa Jamaah Umrah Asal Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *