,

Meski Kasus Positif Menurun di Padang, Masyarakat Tetap Waspada

oleh -55 views
Meski Kasus Positif Menurun di Padang

SUMBAR24.COM — Kepala Puskemas Padang Pasir, Winanda mengingatkan, masyarakat untuk tidak lalai dan mengabaikan protokol kesehatan Copvid 19. Meski saat ini kasus positif menurun di Kota Padang.

Menurut Winanda, walau terjadi  penurunan warga yang positif terpapar Covid 19, namun bukan berarti pandemi tersebut sudah berakhir.

Winanda menjelaskan dalam seminggu terakhir, dari sejumlah sampel swab yang dilakukan di Puskesmas Padang Pasir setiap harinya, yang hasilnya positif hanya berjumlah satu kasus.

Baca juga : Saksikan Final Cabang Tilawah Dewasa, Wako Hendri Septa Doakan Sumbar Menjadi Yang Terbaik

“Begitupun dengan masyarakat yang mengikuti tes swab di Puskesmas Padang Pasir juga menurun, dari sebelumya ada sekitar 50 orang setiap harinya, sekarang rata-rata hanya 10 orang,” ujar Winanda saat ditemui usai menutup kegiatan penyegaran kader Posyandu, Kamis (19/11/2020).

Jumlah masyarakat yang mengikuti tes swab mencapai puncaknya pasca keluarnya edaran Gubernur Sumbar yang mewajibkan setiap pengelola rumah makan wajib mengikutkan karyawannya untuk melakukan tes swab.”Setiap harinya kita bisa melayani 100 hingga 150 orang yang ingin melakukan tes swab,” tambah Winanda.

Winanda mengapresiasi langkah pemerintah yang mengeluarkan Peraturan Daerah no 6 tahun 2020 serta Perwako No 49 tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Sehingga kasus positif menurun, sebab masyarakat wajib mengikuti protokol kesehatan dengan memakai masker jika beraktifitas di luar rumah, mencuci tangan dan menjaga jarak, guna memutus rantai penyebaran Covid 19.

Winanda juga berharap masyarakat tidak lalai dan mengabaikan protokol kesehatan, namun ia juga mengingatkan jangan terlalu lebay dalam menyikapi pandemi Covid 19.

Menurutnya, Protokol Kesehatan berfungsi untuk melindungi kita dari terpapar Covid 19, namun Covid 19 adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dan bukan suatu aib.

Baca juga : Persentase Kesembuhan Pasien Covid-19 di Padang Hampir 90 Persen, Lebih Tinggi dari Nasional

“Jadi jika ada keluarga maupun tetangga yang positif, jangan kita mengucilkan ataupun mendiskreditkan, justru kita bersama harus memberi dukungan moral selama mereka menjalani isolasi mandiri.

Dengan dukungan tersebut dapat membantu meningkatkan imun, karena yang dapat melawan virus tersebut adalah imun tubuh kita sendiri,” papar Winanda.

Ia mencontohkan, di Kelurahan Flamboyan Kecamatan Padang Barat, sejak pertama adanya pasien terkonfirmasi terpapar Covid 19, hingga saat ini sudah tercatat 95 orang yang postif.

Dari jumlah tersebut, 82 orang sudah dinyatakan sembuh, 3 orang menunggu konfirmasi sementara dan 10 orang lainnya masih positif. “60 orang yang telah dinyatakan sembuh tersebut setelah melakukan isolasi mandiri, sementara 22 orang yang melakukan karantina di Rumah Sakit,” tukuk Winanda. 

3 thoughts on “Meski Kasus Positif Menurun di Padang, Masyarakat Tetap Waspada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *