, , ,

Vaksin Gratis dari pemerintah Saudi, Penduduk Bakal Di Vaksinasi

oleh -23 views
Penduduk dan Warga Asing Bakal Dapat Vaksinasi oleh Arab Saudi
vaksin corona. ©REUTERS/Dado Ruvic/Illustration/File Photo

SUMBAR24.COM — Gagasan Vaksin Gratis dari pemerintah Saudi bakal membuat terkejut karena sangat Berbeda dengan berbagai negara di belahan dunia yang sedang mematok harga untuk vaksin yang mereka berikan. Pemerintahan Saudi malah bakal memberikan secara cuma-cuma vaksin kepada penduduk dan warga asing di negara tersebut.

Kementerian Kesehatan Arab Saudi sedang membahas perencanaan terkait menggratiskan vaksin virus Covid-19, bagi 70 persen penduduk dan warga asing yang berada disana dan yang belum terinfeksi.

Pemerintah Saudi berfokus pada warga yang belum terinfeksi Covid-19 dan juga Saudi berharap proses suntik vaksinasi akan mencapai target pada akhir 2021 .

Baca juga : Dicekoki Susu Campur Narkoba Sejak Bayi, Balai Rehabilitasi Nyerah Tangani Bocah Kleptomania Ini

“Mereka yang belum dinyatakan positif Covid-19 akan diberi prioritas vaksinasi dalam beberapa bulan mendatang,” kata Direktur Jenderal Pencegahan Penyakit Kemenkes Saudi, dr. Abdullah Asiri, seperti dilansir Arab News, Selasa (24/11/20).

Pemerintah Saudi memberikan batasan usia terendah dalam pemberian vaksinasi adalah 16 tahun. Tentu ada beberapa warga yang khawatir anak-anak tidak akan diberikan vaksin, namun pemerintah Saudi langsung menjelaskan bahwa untuk anak yang berusia dibawah 16 tahun harus dilakukan pemeriksaan dahulu melihat apakah perlu divaksinasi.

Asiri menjelaskan kedatangan vaksin corona dijadwalkan dalam beberapa pekan mendatang oleh pemerintahan.

“Kerajaan akan berupaya menempuh dua jalur untuk mendapatkan vaksin, yaitu melalui COVAX, dimana G20 berperan dalam pembentukannya dan pendanaan,” ujar Asiri.

Asiri melanjutkan vaksin yang akan datang dalam jumlah besar.

“Arab Saudi akan mendapatkan vaksin dalam jumlah besar melalui fasilitas itu, dan kedua adalah mengontak langsung para perusahaan farmasi besar untuk menutupi jumlah yang tidak bisa diberikan oleh COVAX,” kata Asiri.

Baca juga : Heboh! Harga Vaksin Covid-19 Moderna, Akhirnya Terkuak

COVAX sendiri adalah sebuah  perkumpulan tingkat dunia yang bertujuan menyediakan vaksin Covid-19 yang aman, efektif, serta mendapat lisensi dan persetujuan, bagi seluruh negara di dunia. COVAX juga bekerja sama dengan para perusahaan pembuat vaksin untuk mencapai tujuannya.

Asiri menyebutkan Vaksin Gratis dari pemerintah Saudi ini sangat memerlukan upaya dan persiapan yang matang karena prosesnya amat panjang.

“Maka dari itu, vaksin yang akan didapatkan tahun ini mungkin jumlahnya tidak banyak dan akan berdampak terhadap proyeksi pandemi yang diperkirakan masih akan terjadi sebelum pertengahan 2021,” lanjut Asiri.

Diketahui bahwa sekarang kasus Covid-19 di Arab Saudi telah mencapai 355.489 orang. Sampai saat ini Saudi sudah menggelar 9.295.599 tes usap (PCR).

One thought on “Vaksin Gratis dari pemerintah Saudi, Penduduk Bakal Di Vaksinasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *