Tidak Terdaftar Pemilu? Masihkah Bisa Menggunakan Hak Pilihnya Hari ini?

Masihkah Bisa Menggunakan Hak Pilihnya Hari ini
Foto : Sibumi.com

SUMBAR24.COM — Hari ini, Rabu 9 Desember 2020, pemilu serentak tengah berlangsung. Bagi calon pemilih yang tidak terdaftar dalam DPT masihkah bisa menggunakan hak pilihnya.

Dilansir dari Kumparan, Rabu (09/12/20), KPU menegaskan, bagi calon pemilih yang tidak terdaftar dalam DPT, mereka tetap bisa menggunakan hak pilihnya. Caranya, dengan menggunakan e-KTP atau surat keterangan (suket) tanda sudah rekam e-KTP tapi blangko belum terbit.

Pemilih kategori ini masuk dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTb). Hal itu diatur dalam PKPU 18 Tahun 2020 di Pasal 9 ayat 1 dengan catatan mereka harus menunjukkan e-KTP atau surat keterangan.

(1) Pemilih yang tidak terdaftar dalam DPT sebagaimana dimaksud dalam Pasal 6 huruf c menggunakan hak pilihnya dengan ketentuan:

Baca juga : DPD Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Dharmasraya Periode 2020-2025 Dikukuhkan

a. Menunjukkan KTP-el atau surat keterangan kepada KPPS pada saat Pemungutan Suara; dan
b. Didaftar pada DPTb ke dalam formulir Model C.Daftar Hadir Pemilih Tambahan-KWK.
Syaratnya, pemilih yang tidak terdaftar dalam DPT hanya bisa mencoblos di TPS yang masih dalam satu RT/RW. Artinya, mereka tidak bisa memilih di TPS lain.

Hal itu dijelaskan dalam Pasal 9 ayat 2:
(2) Hak pilih sebagaimana dimaksud pada ayat (1) hanya dapat digunakan di TPS yang berada di Rukun Tetangga/Rukun Warga atau sebutan lain sesuai dengan alamat yang tertera dalam KTP-el atau surat keterangan.

Baca juga : Pesan Buya Mahyeldi Ansharullah : Menuju Jalan Lurus Ikutilah Sunnah Rasul

Sementara terkait waktu pencoblosan, pemilih yang tidak terdaftar dalam DPT mencoblos di TPS satu jam sebelum selesai pemungutan suara pukul 13.00 WIB. Artinya, pemilih mencoblos pukul 12.00 WIB.

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *