,

5 Rumah Terdampak Longsor di Desa Talago Gunuang, Terima Bantuan Pemko Sawahlunto

oleh -16 views
5 Rumah Terdampak Longsor di Desa Talago Gunuang

SUMBAR24.COM — Musibah longsor yang menimpa lima rumah di Desa Talago Gunuang, Kecamatan Barangin, beberapa waktu lalu, mendapatkan bantuan dari Pemerintah Kota Sawahlunto.

Walikota Deri Asta yang menyerahkan bantuan tersebut, Kamis (10/12/20) tadi di Kantor Desa Talago Gunuang berharap sedikit banyak bantuan itu bisa meringankan beban warga bersangkutan untuk memperbaiki rumahnya yang terdampak longsor itu.

“Sudah didata dan disurvey oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), sesuai hasil itu kita memberikan bantuan sejumlah Rp 750 ribu per rumah.

Selain dengan bantuan berupa uang ini, sebelumnya tim BPBD dan Taruna Siaga Bencana (Tagana) juga sudah turun ke lokasi untuk membantu beberapa saat setelah peristiwa bencana alam tanah longsor tersebut,” ujar Walikota Deri Asta.

Baca juga : Pilgub Sumbar 2020, Wako Deri : Pilkada Serentak 2020 di Sawahlunto Berlangsung Aman dan Lancar

Dilaporkan Kepala Desa Talago Gunuang Alfi Saputra, 5 rumah terdampak longsor yang terjadi pada Rabu 25 November 2020 lalu itu terletak di Dusun Guguak Balang sebanyak 3 rumah, Dusun Koto 1 rumah dan Dusun Ladang Laweh 1 rumah.

“Warga yang menerima bantuan ini atas nama Lili Suryanis, Asnibar, Darnawati, M. Yunus dan Darmusri,” kata Alfi Saputra.

Terkait kondisi kontur tanah yang membuat Desa Talago Gunuang rawan dengan bencana tanah longsor, Walikota Deri Asta mengingatkan agar Pemerintah Desa (Pemdes) setempat melakukan langkah – langkah preventif dalam mengantisipasi bencana tanah longsor itu.

Baca juga : PSDKU Universitas Negeri Padang di Sawahlunto Semakin Nyata, Tim Lakukan Evaluasi Lapangan

“Mari bersama ajak juga masyarakat untuk bergotong royong membersihkan saluran air/drainase. Biasanya dari sini paling tinggi resiko mengundang banjir dan tanah longsor.

Kemudian juga ajak warga untuk menanam tanaman – tanaman yang bisa membuat tanah kuat sehingga tidak mudah dilanda banjir dan longsor,” sebut Walikota Deri Asta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *