Masih Musim Penghujan, Buatlah Biopori

  • Bagikan
biopori ataupun sumur resapan
Dok. Rimbakita.com


SUMBAR24.COM — Kota Padang Panjang terus berbenah, seperti halnya yang dilakukan Dinas Perkim LH. Instansi ini tidak henti-hentinya menyosialisasikan kepada semua masyarakat untuk membuat biopori ataupun sumur resapan.

Hingga saat ini, belum semua masyarakat Padang Panjang mengetahui apa itu biopori. Apa itu sumur resapan maupun kegunaan dari keduanya.

Kepala Dinas Perkim, Desi Wita Susanti, menjelaskan, biopori ini merupakan sebuah metode untuk meningkatkan daya resap air pada tanah. Dengan memanfaatkan curah air hujan, agar tidak terbuang dan bisa terserap ke dalam tanah sebagai cadangan air.

“Caranya, cukup dengan membuat lubang di dekat rumah berkedalaman satu meter dan berdiameter 10 cm, masukan pipa paralon yang dilubangi dan beri tanaman. Selama tiga bulan bisa dibongkar dan bisa dijadikan pupuk,” kata Desi Wita Susanti, Kamis (11/02/21).

Baca juga : Puncak Silaiang Indah Miliki Taman Impian Anak

Selain itu, tambah Dewi, lubang biopori ini merupakan metode resapan air yang ditujukan untuk mengatasi genangan air dengan cara meningkatkan daya resap air pada tanah.

“Seperti kita lihat saat ini, setiap rumah masyarakat yang sudah dipenuhi dengan semen dan lantai beton, jarang yang masih ada rumput atau tanah yang tersisa. Jadi ketika hujan air langsung mengalir ke drainase. Untuk, itu usahakan di rumah kita buat biopori, karena ini bisa mengurangi genangan air di rumah dan mencegah banjir,” sebut Dewi lagi.

Begitu juga dengan sumur resapan, kata Dewi lagi, bisa dibuat juga di rumah dengan menggali tanah dengan kedalaman hingga 100 cm. Lalu ditambah komposisi kerikil, ijuk, pasir, dan batu bata. Air dari sumur resapan ini, bisa digunakan untuk menyiram tanaman di lingkungan rumah.

“Jika masyarakat belajar dan sudah mengetahui tentang ini, apapun yang ada di lingkungan kita, bisa dimanfaatkan. Tidak ada yang terbuang.

Kami mengimbau agar masyarakat bisa membuat biopori dan sumur resapan di rumah. Karena ini bermanfaat sekali untuk kita,” simpul Desi Wita Susanti.

Sumber : Kominfo Padang Panjang

Foto : Rimbakita.com

  • Bagikan

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *