Tanpa Izin Masuk Rumah Warga, Beruk dan Seekor Ular King Koros Diamankan Petugas Damkar Kota Payakumbuh

Petugas Damkar Kota Payakumbuh
Dok. Humas Kota Payakumbuh

SUMBAR24.COM — Ibarat petugas Bomba di Malaysia atau petugas Damkar di Negeri Paman Sam, Petugas Damkar Kota Payakumbuh juga membantu warga dalam hal penyelamatan dari binatang liar.

Fungsi penyelamatan ini sudah beberapa tahun belakangan dipromosikan dan dilaksanakan Petugas Damkar Kota Payakumbuh kepada masyarakat.

Sebagaimana dilansir dari laman, Payakumbuhkota.go.id, Selasa (16/03/21) siang, pada Ahad 14 Maret 2021 lalu, sebuah panggilan telpon dari warga Tambago Kelurahan Taratak Padang Kampuang Kecamatan Payakumbuh Utara, menghubungi Posko Damkar. Pasalnya seekor beruk liar berkeliaran dihalaman rumahnya dan di pemukiman warga sekitar.

Baca Juga : Hajjah Rangkayo Rasuna Said, ‘Srikandi Indonesia’ yang Hidup di Tiga Zaman

Beruk itu, berlari-lari, memanjat kemana saja tak tentu arahnya. Sehingga membuat warga takut untuk keluar rumah.

Sontak saja, setelah menerima laporan itu Budi Kurniawan langsung memerintahkan PH Kasi Ops Indra Jaya dan Danru 2 Azwardi beserta anggota untuk membantu mengevakuasi beruk liar itu.

Beruk Liar Di Payakumbuh diamankan Petugas Damkar Kota Payakumbuh

Tidak memerlukan waktu yang lama, personil damkar berhasil menangkap beruk liar tersebut dan kemudian dibawa ke posko untuk dikarantina dan akan dilepaskan ke habitat aslinya kembali.

Tedy (41) salah seorang warga Tambago Kelurahan Taratak Padang Kampuang sangat berterima kasih kepada personil damkar yang telah membantu mengevakuasi beruk liar ini karena sangat mengganggu aktivitas warga.

Baca Juga : Coach Tas Favorit Jutaan Wanita, Rilis Koleksi Musim Semi 2021 ‘Coach Forever’

“Terimakasih atas respon cepat damkar Kota Payakumbuh, kami merasa terbantu sekali,” ujar Tedy.

Masih di hari yang sama, laporan datang dari warga di perumahan Kedoya Green Kelurahan Tiakar Kecamatan Payakumbuh Timur. Seekor ular jenis King Koros tanpa ijin sipemilik rumah, Rully(29), minta dievakuasi oleh Damkar Kota Payakumbuh, dan dengan cepat petugas pun langsung menuju lokasi.

Ular Jenis King Koros diaman Petugas Damkar Kota Payakumbuh

Ular tersebut, kata Kasatpol PP dan Damkar Devitra, oleh petugas selanjutnya diserahkan kepada Komunitas Pecinta Reptil Payakumbuh Amphibi.

Baca Juga : Pakar Sarankan Sebelum Divaksin Covid-19, Jaga Kebugaran Tubuh

“Apabila masyarakat butuh bantuan penyelamatan dari binatang liar dan binatang berbisa misalnya evakuasi sarang tawon, ular, biawak dan sebagainya, dapat menghubungi quick respon damkar di nomor 0752 92913,” kata Devitra.

Semoga, peran Damkar Kota Payakumbuh dalam penyelamatan gangguan lingkungan seperti itu, juga menjadi teladan bagi Damkar daerah lain. Semoga.

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *