Penerimaan ASN 2021 Gunakan 1 Portal Pendaftaran Untuk 3 Kategori Rekrutmen

  • Bagikan
Formasi CPNS 2021 Diumumkan Akhir Maret Ini

SUMBAR24.COM — Pelaksanaan seleksi penerimaan ASN 2021 semakin dekat. Pemerintah melalui Badan Kepegawaian Nasional (BKN) telah mempersiapkan segala sesuatunya. Seperti penggunaan portal sebagai media pendaftaran lowongan CPNS tahun 2021 ini.

Dilansir dari BKN.go.id, Kamis (25/03/21) pagi, Kepala BKN Bima Haria Wibisana memastikan bahwa dalam portal BKN akan digunakan dalam 3 (tiga) kategori rekrutmen calon ASN 2021 yaitu Calon Pegawai Negeri Sipil, Sekolah Kedinasan, dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Menurut Arya, penggunaan satu portal yakni postal Sistem Seleksi Calon ASN (SSCASN) akan mempermudah peserta dalam melakukan pendaftaran.

Baca Juga : Jangan Sampai Kecolongan, Ini Dia, Jadwal Pendaftaran CPNS 2021

“BKN telah melakukan peningkatan fitur teknologi SSCASN,” sebut Arya.

Kepala BKN Arya menerangkan bahwa peserta tak perlu lagi mengunggah dokumen persyaratan seperti Ijazah, Surat Tanda Registrasi (STR), serta Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) pada saat pendaftaran.

“Portal SSCASN akan terintegrasi dengan NIK di Dukcapil, data Dapodik Kemdikbud, data STR di Kementerian Kesehatan dan akses data ijazah dan akreditasi Perguruan Tinggi di Kementerian Ristekdikti,” terang Arya saat berada di Gedung DPR, Rabu (24/03/21).

Para pendaftar juga dengan mudah nantinya mengakses seluruh formasi yang tersedia. Karena sebelum-sebelumnya para pendaftar CPNS hanya dapat mengakses informasi tentang formasi yang tersedia di masing instansi atau website daerah.

“Kini, cukup dengan mengakses portal SSCASN, pelamar lowongan CPNS 2021 bisa melihat seluruh formasi yang dibuka pemerintah,” kata Arya lagi.

Tambah Arya lagi, BKN akan selalu meningkatkan kualitas transparansi dan akuntabilitas pelaksanaan penerimaan calon ASN termasuk mencegah tindak kecurangan dan percaloan.

Baca Juga : Mau Tau Formasi CPNS 2021, Ini Dia Persentase Lowongan CPNS 2021

“Nanti kami juga akan menambah fitur Face Recognation dalam sistem CAT BKN, yang digunakan dalam mengidentifikasi peserta yang melakukan ujian. Sehingga dapat meminimalisir percaloan dalam pelaksanaan ujian,” sebut Arya.

Dan saat ini masih dalam kondisi pandemi covid-19, dalam proses rekrutmen nanti, BKN tetap menerapkan protokol kesehatan. Dimana dalam penerimaan ASN 2021, menghadirkan live skor pada kanal Youtube BKN agar hasil ujian dapat dipantau siapa saja dan dimana saja.

“Bagi peserta di luar negeri masih tetap dapat mengikuti proses ini, melalui kantor KBRI setempat,”pungkas Arya.

  • Bagikan

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *