Percantik Kawasan Sungai Batang Arau, Pemko Padang Datangkan Ahli Dari Jerman Ini

Percantik Kawasan Sungai Batang Arau, Pemko Padang Datangkan Ahli Dari Jerman Ini
Dok. Prokompim Kota Padang

SUMBAR24.COM — Kota Padang sangat mengharapkan kawasan sungai di wilayah tersebut bisa menjadi sungai yang bersih dengan kualitas air yang jernih. Seperti kawasan sungai Batang Arau yang berada di pusat kota, diharapkan menjadi kawasan marina dan maritim center yang terintegrasi dalam program Kawasan Wisata Terpadu (KWT).

Harapan ini merupakan salah satu dari visi Kota Padang sebagai kota berbasiskan pendidikan, perdagangan dan pariwisata unggul serta berdaya saing.

Untuk itu, agar keinginan tersebut terwujud, pemerintah kota setempat mendatangkan ahli hydrologist dari Jerman untuk merealisasikan kawasan sungai batang arau menjadi semakin cantik dan tujuan wisata nantinya.

Baca Juga : Payakumbuh Barat Juara Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Kota Randang 2021

Pakar hydrologist tersebut adalah Michell Rohmann, ia seorang tenaga ahli dari GIZ-Jerman atau Center for International Migration and Development (CIM).

Michell Rohmann nantinya akan bertindak sebagai integrated expert dalam mendukung program Waste Management of Batang Arau River (pengelolaan limbah sungai Batang Arau) di Kota Padang.

Dilansir dari laman Humas Kota Padang, Rabu (31/03/21), Wali Kota Hendri Septa mengatakan bahwa Michell Rohmann merupakan seorang tenaga ahli yang akan mentransfer ilmu dan hal penting lainnya dalam upaya peningkatan pengelolaan limbah sungai di Kota Padang, Senin (29/03/21).

“Kedatangan Michell Rohmann, sebagai ahli hydrologist adalah dalam rangka upaya peningkatan kebersihan dan kualitas air sungai di Kota Padang. Dan ini merupakan tindak lanjut dari bingkai kerjasama sister city (kota kembar) yang telah terjalin antara Padang-Hildesheim (Jerman),” Wako Hendri Septa.

Baca Juga ; Temui Menteri Tenaga Kerja, Pemko Sawahlunto Minta Dibangunkan Workshop Otomotif Alat Berat

Michell Rohmann akan mendedikasikan keahliannya selama 2 tahun kedepan. Ia akan melakukan sejumlah penelitian dan transfer ilmu dan teknologi penanganan sungai di perkotaan, khususnya untuk Kota Padang.

“Alhamdulillah, pada beberapa waktu lalu secara virtual beliau (Mr. Michell Rohmann) mengaku kepada kita sangat antusias dan ingin segera ke Kota Padang pada pertengahan Maret 2021 ini. Sekarang beliau telah datang dan semoga bisa membantu dalam upaya peningkatan kualitas air sungai di Kota Padang nantinya, khususnya di kawasan Sungai Batang Arau,” harap Wako Hendri.

Saat ini Sungai Batang Arau memang masih dalam kategori kelas 4, dengan kedatangan Michell Rohmann diharapkan kelasa Kawasan Sungai Batang Arau menjadi kelas 2.

Sementara Kabag Kerjasama Setda Kota Padang Erwin. M menambahkan, kehadiran Michell Rohman nantinya akan memberikan transfer ilmu kepada Pemko Padang khususnya pihak OPD terkait dalam pengelolaan sungai di Kota Padang terutama Kawasan Sungai Batang Arau.

“Diharapkan dengan Michell Rohman terrsebut ada perbaikan mulai dari edukasi sampai teknis pelaksanaan pengelolaan limbah di Kota Padang ini. Sebagaimana kita ketahui, dari hulu sampai ke hilir banyak limbah yang dihasilkan masyarakat yang dibuang langsung ke sungai, ” tutup Erwin.

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *