Jelang Zuhur, Wako Hendri Septa Kultum di Hari Pertama Bulan Ramadhan

Wako Hendri Septa Kultum di Hari Pertama Bulan Ramadhan
Dok. Prokompim Kota Padang

SUMBAR24.COM — Perintah berpuasa di bulan Ramadhan telah dijelaskan dalam firman Allah di Surat Al Baqarah ayat 183. Terjemahan ayat tersebut berbunyi “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.

Ayat tersebut disampaikan Wali Kota Padang Hendri Septa, saat memberikan tausyiah Kuliah Tujuh Menit (Kultum) sebelum menunaikan salat zuhur di Masjid Ukuwah Balai Kota Padang, Selasa (13/04/21).

Menurut Hendri, sejatinya inti sari dari maksud ayat di atas adalah pengulangan. Pengulangan dari perintah Allah Taala kepada umat Islam untuk melakukan ibadah puasa dan ibadah lainnya di bulan Ramadhan ini.

Baca Juga : Malam Pisah Sambut, Hendri Septa : Mari Kita Teruskan Pengabdian Kepada Masyarakat

“Oleh karena itu, bagi siapa saja yang masih bisa diberikan kesempatan untuk bertemu Ramadan tahun ini maka bersyukur dan bertafakurlah. Mari pergunakan kesempatan yang diberikan oleh Allah itu dengan sebaik-baiknya. Jangan kita sia-siakan, karena belum tentu kita akan bertemu Ramadhan di tahun esoknya,” ujarnya dihadapan para pimpinan OPD dan staf di lingkup Perkantoran Balai Kota Padang itu.

“Mari kita upgrade, mungkin bulan Ramadhan tahun lalu kita tidak optimal, maka pada momentum Ramadan tahun ini harus kita pergunakan untuk menjalankan ibadah puasa dan ibadah lainnya lebih baik lagi,” tambah Wako Hendri.

Lebih lanjut Wako Hendri juga menjelaskan bahwa puasa adalah sebab terbesar munculnya ketaqwaan dalam diri seorang hamba. Begitu pula hadist Nabi yang artinya, barang siapa yang berpuasa sebulan penuh di bulan Ramadhan dengan penuh keimanan dan mengharapkan pahala dari Allah, maka semua dosanya yang lalu akan diampuni.

“Tak hanya berpuasa di siang hari, pada malam-malam Ramadan pun kita juga diharapkan untuk mengisinya dengan shalat malam, tadarus, zikir dan lainnya. Semoga saja dari awal hingga akhir Ramadan kita senantiasa istiqamah melaksanakannya. Sehingga pada nantinya setelah Ramadan usai kita meraih derajat takwa di sisi Allah Taala” harap Wali Kota Hendri Septa mengakhiri kultumnya.

Respon (2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *