,

Gebyar Ramadhan Pramuka, Wako Hendri : Ciptakan Anggota Pramuka Berkarakter Islami

oleh -4 views
Gebyar Ramadhan Pramuka
Dok. Prokompim Kota Padang

SUMBAR24.COM — Gebyar Ramadhan Pramuka Kota Padang tahun 2021 kembali digelar. Wali Kota Padang Hendri Septa secara resmi membuka kegiatan tersebut di Aula Lantai II Masjid Agung Nurul Iman, Sabtu (01/05/21).

Kegiatan yang digelar oleh Kwartir Cabang (Kwarcab) 09 Gerakan Pramuka Kota Padang tersebut diapresiasi Wako Hendri Septa.

“Semoga Gebyar Ramadhan Pramuka ini dapat dijadikan agenda rutin tahunan guna meningkatkan iman dan takwa generasi muda, sekaligus menjadikan anggota pramuka yang qurani dan berkarakter islami. Disamping itu juga untuk mempererat tali ukhwah islamiah diantara sesama anggota Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak, Utusan, Kwartir Ranting se-Kota Padang,” sebut Hendri.

Wali kota menjelaskan, Gerakan Pramuka merupakan sebuah institusi pendidikan nonformal yang diatur oleh UU Nomor 12 Tahun 10 Tentang Gerakan Pramuka. Oleh karena itu kewajiban pemerintah adalah menfasilitasi semua penyelenggaraan pendidikan kepramukaan, mulai dari tingkat pusat hingga tingkat kelurahan maupun desa.

“Pendidikan kepramukaan merupakan proses pembentukan kepribadian, kecakapan hidup dan akhlak mulia kaum muda demi melahirkan generasi muda yang berkarakter, beriman dan bertakwa. Sama hal dengannya kegiatan Pesantren Ramadhan dan didikan subuh yang setiap tahun dilaksanakan di Kota Padang,” ungkap Hendri.

Baca Juga : Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, BRI Serahkan Satu Unit Ambulans Buat Pemko Padang

Hendri berharap, para peserta lomba dari 11 Kwartir se- Kota Padang agar dapat mengikuti lomba ini dengan baik, keluarkan kemampuan terbaik yang dimiliki sehingga dapat menjadi pemenang dalam lomba ini.

Sementara itu, Ketua Panitia Gebyar Ramadhan Andri Yusran mengatakan, Gebyar Ramadhan merupakan kegiatan yang digelar untuk memeriahkan bulan suci Ramadhan.

Adapun kegiatan yang diadakan dalam Gebyar Ramadhan ini adalah lomba tahfiz untuk golongan Pramuka Siaga, lomba MTQ untuk golongan Pramuka Penggalang, lomba MSQ untuk golongan Pramuka Penegak dan lomba ayat pendek untuk golongan Pramuka Luar Biasa (PLB) dan Gugus Depan Sekolah Luar Biasa (SLB), dengan jumlah peserta yang sudah mendaftar sebanyak 85 orang.

“Pemenang dalam lomba ini nantinya akan diberikan hadia berupa trophy dan Tabanas dari PT. Bank Pembangunan Daerah Sumatera Barat (Bank Nagari). Kemudia trophy bergilir Wali Kota Padang yang diperebutkan setiap tahunnya,” sebutnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua Kwarda 03 Gerakan Pramuka Sumatera Barat yang diwakili Alwis, Ketua Harian Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Padang Maigus Nasir, Pimpinan OPD di lingkungan Pemko Padang selaku Mabicab, pimpinan Bank Nagari Pasar Raya Padang dan Kamabiran dan Kakuwaran se-Kota Padang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *