, ,

Diberikan Waktu Hanya 8 Jam, Yuli Raih Juara I Desain Cover Mushaf Alquran Kemenag RI

oleh -165 views
uli Raih Juara I Desain Cover Mushaf Alquran Kemenag RI
Dok. AMCNews

SUMBAR24.COM — Setelah beberapa waktu lalu Elum Nur Risman menorehkan prestasi internasional pada ajang  Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) yang digelar secara virtual oleh Minhaj Welfare Foundation (MWF). Kali ini, Sri Rahma Yul Insani (26) talenta muda asal Jorong Sungai Baringin, Nagari Panampuang, Kecamatan Ampek Angkek mengukir prestasi tingkat nasional.

Yuli, demikian panggilan sehari-harinya, berhasil menjuarai lomba desain cover mushaf Alquran kategori Juz Amma yang diselenggarakan Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) bekerja sama dengan Makara Art Center Universitas Indonesia (MAC UI).

Dan pada iven bergengsi itu, Yuli berhasil mengungguli peserta asal Jambi, Banten, Jawa Barat dan Jawa Timur.

Dilansir dari AMCNews, Ahad (02/05/21), diceritakan Yuli, lomba desain cover mushaf Alquran itu diselenggarakan dalam rangka Festival Seni Ramadan yang berlangsung di Kampus Universitas Indonesia (UI).

“Tahap penyisihan lomba, peserta diminta mengirimkan foto karya, Alhamdulillah Yuli masuk enam besar yang diundang langsung ke lokasi,” ujar Yuli.

Baca Juga : Masya Allah! Elum Nur Risman Finalis MTQ Internasional, Bakal Di-S2-kan Bupati AWR

Putri bungsu pasangan Wirman dan Warniati ini menyebut, padu padan ornamen Minang dan Timur Tengah yang diaplikasikannya ke Kaligrafi Sulus, berhasil mengantarkannya sebagai juara pertama.

“Sebenarnya jenis kaligrafi sudah ditentukan panitia, dengan tema desain ornamen nusantara. Kalau Yuli memakai desain ornamen Minang dikombinasikan dengan ornamen Timur Tengah,” ungkap Yuli

Yuli adalah alumnus Pascasarjana UIN Imam Bonjol yang kini nyantri di Lembaga Kaligrafi Alquran (Lemka) Sukabumi, Ia mengaku mengikuti lomba desain cover itu tanpa persiapan. Betapa tidak, dirinya terbilang telat mengetahui informasi lomba tersebut.

Namun, berbekal pengalaman, saat mewakili Sumatera Barat dan meraih juara 3 MTQ nasional tahun 2020 lalu ini sangat piawai memainkan handam. Alhasil, dalam waktu 8 jam Yuli berhasil menciptakan karya yang mempesona.

“Pada tahap penyisihan Yuli punya waktu 5 hari, karena memang agak telat dapat informasi. Kemudian pas di final Yuli diberi waktu 8 jam untuk menyelesaikan satu karya,” ujar jawara kaligrafi MTQ Sumatera Barat itu.

Disebutkan Yuli, dirinya memang sangat menyukai seni tulisan indah Alquran ini. Selain menambah kapasitas kaligrafi di Lemka Sukabumi, Yuli juga tergabung Persatuan Kaligrafi dan Zukhrufah Indonesia (Perkazi) wilayah Sumatera Barat.

“Sampai sekarang Yuli masih di organisasi Perkazi Sumbar. Bahkan informasi lomba banyak Yuli ketahui dari WAG kaligrafer Sumbar,” ujar sejawat kafilah Agam, Elum Nur Risman ini.

Daftar prestasi Sri Rahma Yul Insani :

Juara 1 Desain Cover Mushaf Alquran 2021 Kategori Juz Amma.

Juara 3 MTQ Nasional 2020 Cabang Khat Hiasan Mushaf.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *