Kurangi Sampah, Bank Eco Enzyme Resmi Hadir di Kota Padang

  • Bagikan
Bank Eco Enzyme Resmi Hadir di Kota Padang

SUMBAR24.COM — Diresmikan Wali Kota Hendri Septa di Halaman Kantor Komisi Informasi Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Jl. Sisingamangaraja No.36 Kelurahan Simpang Haru, Selasa (08/06/21), Bank Eco Enzyme hari ini diluncurkan secara resmi di Kota Padang.

Bank Eco Enzyme adalah hasil dari fermentasi limbah dapur organik seperti ampas buah dan sayuran, gula (gula coklat, gula merah atau gula tebu), dan air. Warnanya coklat gelap dan memiliki aroma fermentasi asam manis yang kuat.

Kegiatan ini digagas oleh Lembaga Bank Sampah Unit Andalas yang ada di Kelurahan Andalas, Kecamatan Padang Timur.

Kegiatan ini nantinya akan mengajak masyarakat Kota Padang untuk ikut terlibat dalam memilah, mengolah, dan menabung Eco Enzyme-nya.

Baca Juga : Asy-Syari’ah Herbal Bukittinggi Buka Lowongan Karyawan Toko

“Alhamdulillah, kita bersyukur dan menyambut baik hadirnya Bank Eco Enzyme. Dimana produk yang dihasilkan berupa cairan multiguna. Cairan ini bisa menjadi pembersih rumah, maupun sebagai pupuk alami dan pestisidia yang efektif. Selain membantu kita dalam mengurangi produksi sampah juga menekan penyebaran Covid-19 di Kota Padang,” sebut Wako.

Lebih lanjut Wali Kota Hendri mengharapkan warga untuk saling mendukung dan memberikan contoh kepada generasi muda terkait upaya Pemerintah Kota Padang dalam melakukan pengolahan sampah hingga saat ini.

“Salah satunya dengan hadirnya Eco Enzyme ini. Alhamdulillah di samping membantu mengurangi produksi sampah, hal ini juga ikut membantu upaya kita terkait ketersediaan stok disinfektan dalam rangka menekan penyebaran Covid-19 di Kota Padang. Tentu ini akan menghemat biaya dalam penyediaan disinfektan,” pungkas Wako menjelaskan.

Baca Juga : Pimpin Ratas, Wali Kota Solok Zul Elfian : Bagian di Setdako Perkuat Koordinasi

Sejumlah NGO turut menyukseskan peluncurannya diantaranya yakni Bank Sampah Unit Andalas Sepakat, Komunitas Eco Enzyme Sumbar, Walhi Sumbar, KOMMA FP-UA, Yayasan KOMMA, Base KMDM, EDUEE, Bundo Kanduang dan IKA Unand.

Kemudian acara dilanjutkan dengan melakukan aksi penyemprotan air hasil olahan Bank Eco Enzyme yang berguna hampir sama dengan disinfektan tersebut ke sepanjang jalan di wilayah Kecamatan Padang Timur.

Penyemprotan dengan menggunakan mobil tanki milik PMI Sumbar itu, diawali dari lokasi launching menuju kawasan Simpang Haru, Sawahan, Bagindo Aziz Chan, Terandam dan kembali ke lokasi semula.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *