Tingkatkan Mutu dan Peluang Pasar, Petani Kakao Agam Bakal Dilatih Pemerhati Kakao Sulawesi dan Jepang

  • Bagikan
Petani Kakao Agam Bakal Dilatih Pemerhati Kakao Sulawesi dan Jepang
Bupati Andri Narwan saat beraudiensi dengan pemerhati tanaman kakao dari Sulawesi dan Jepang. Dok. AMCnews

SUMBA24.COM — Hasil tanaman kakao di Kabupaten Agam bakal berkualitas dan miliki pangsa pasar. Untuk itu petani Kakao Agam perlu pelatihan dan ilmu yang tepat. Maka dari itu, pemerhati tanaman kakao asal Sulawesi dan pengusaha asal Jepang bersedia transfer ilmu pembudidayaannya.

Bermula dari sebuah gelaran audiensi Bupati Agam Andri Warman di Rumah Dinas pada Rabu (09/06/21) kemarin bersama dengan pemerhati dari Sulawesi dan Jepang tersebut.

Dalam pertemuan itu, pemerhati kakao dari Sulawesi dan Jepang menyatakan bersedia membeli hasil perkebunan kakao petani Agam, dengan catatan mutu kakaonya sesuai standar yang mereka harapkan.

Baca Juga : Kurangi Sampah, Bank Eco Enzyme Resmi Hadir di Kota Padang

Bahkan untuk mewujudkan hal itu, mereka bersedia membimbing petani kakao Agam, dengan cara melakukan pelatihan atau sekolah lapangan.

Tawaran ini disambut baik dan mendapat dukungan Bupati Andri Warman.

“Kita sangat mendukung tawaran pemerhati kakao ini, karena untuk mendapatkan hasil maksimal dari berkebun kakao, tentu harus memiliki ilmu di bidang komoditi tersebut,” ujar Bupati Andri Warman.

Apalagi, tanah di Agam cukup subur, sehingga sangat baik untuk berkebun terutama komoditas kakao, meski baru beberapa wilayah yang mengembangkan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Agam, Arief Restu menyebutkan, tindak lanjut dari pertemuan ini pihaknya akan coba melakukannya terhadap petani kakao di Nagari Sungai Batang dan Tanjuang Sani Kecamatan Tanjung Raya.

“Kita sudah berkoordinasi dengan wali jorong terkait untuk dapat mengkondisikannya, supaya kita bisa mendatangkan pemerhati kakao ini ke lokasi petani,” katanya.

Ia mengatakan, wilayah yang menjadi sentra kakao di Kabupaten Agam adalah Kecamatan Tanjung Raya, Kamang Magek dan Palembayan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *