Iven Desa Wisata Indonesia 2021, Pokdarwis Pesona Sumpu Masuk 5 Besar Terbaik Sumbar

  • Bagikan
Pokdarwis Pesona Sumpu Masuk 5 Besar Terbaik Sumbar

SUMBAR24.COM — Dalam ajang Desa Wisata Indonesia 2021, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pesona Sumpu Nagari Sumpur Kecamatan Batipuh Selatan menjadi peringkat 5 besar dari 36 Pokdarwis se Sumatera Barat yang dinyatakan lulus verifikasi dalam ajang Apresiasi Pokdarwis 2021 Tingkat Sumatera Barat.

Memasuki hari kedua kunjungannya, tim juri yang terdiri Joni Mardianto Trisna Putra dan Ritno Kurniawan kembali lakukan verifikasi dan visitasi di Rumah Gadang Siti Fatimah Kampung Wisata Nagari Sumpur Kecamatan Batipuh, Jumat (03/09/21).

Ketua tim penilai Joni Mardianto menyampaikan, pelaksanaan kegiatan apresiasi terhadap Pokdarwis bertujuan untuk menggiatkan dan memotivasi penggiat wisata untuk tetap beraktivitas di tengah kondisi Pandemi Covid-19 ini.

“Dengan ajang ini kita berharap sektor kepariwisataan tetap berjalan dan bertahan sehingga juga berdampak terhadap ketahanan ekonomi masyarakat, terutama yang bersinggungan langsung dengan sektor pariwisata,” katanya.

Disebutkan Joni lagi, dari 254 Pokdarwis yang terdaftar di Sumbar dan 35 Pokdarwis yang lulus verifikasi untuk mengikuti ajang ini, Pokdarwis Pesona Sumpu dinilai layak masuk dalam 5 besar.

“Atas dasar itulah, tim saat ini turun langsung lakukan verifikasi, sehingga bisa diperoleh data dan fakta yang lebih akurat lagi. Dan kunjungan ke Sumpur ini merupakan kunjungan terakhir dari 5 Pokdarwis yang masuk 5 besar,” ujarnya.

Baca Juga : Pemkab Tanah Datar Bakal Wujudkan Rencana Pembangunan Stadion Sepakbola

Adapun kunjungan lapangan ini, tambah Joni, setidaknya ada 38 aspek dan indikator yang dinilai, mulai dari legalitas, AD/ART, kepengurusan, program kerja, SOP, pelaporan keuangan, profil kelompok, data sampai fasilitas pendukung lainnya seperti home stay dan toilet.

“Sektor pariwisata salah satu elemen yang bisa membantu peningkatan ekonomi kemasyarakatan, dan melihat Pokdarwis yang masuk 5 besar kita melihat dukungan masyarakat, ninik mamak, alim ulama, bundo kanduang dan lainnya sangat tinggi, inilah salah satu kunci untuk keberlangsungan kepariwisataan di daerah kita,” ungkapnya.

Dan terkhusus Pokdarwis Pesona Sumpu, dikatakan Joni, tim melihat Pokdarwis ini mempunyai autentik yang luar biasa yang perlu menyiapkan sebuah literasi informasi kepada wisatawan yang datang.

“Nagari Sumpur ini ternyata mempunyai kekayaan alam, budaya, kuliner,kesenian dan keramahtamahan yang luar biasa. Semoga bisa dikelola dengan baik,” tukasnya.

Sementara itu Ketua Pokdarwis Pesona Sumpu Zuherman menyampaikan, prestasi yang diraih Pokdarwis ini merupakan buah dukungan berbagai elemen dan masyarakat dan Nagari Sumpu.

“Alhamdulillah, berkat dukungan pemerintah pusat, provinsi, kabupaten, penggiat wisata, tokoh masyarakat, alim ulama, ninik mamak dan lainnya kita memperoleh prestasi 50 desa wisata terbaik di Indonesia dan Pokdarwis menjadi 5 besar tingkat Sumbar,” ujarnya.

Seperti disampaikan tim juri dengan berbagai masukan dan saran dalam kunjungan ini, tambah Zulherman, Pokdarwis dan juga Desa Wisata Nagari Sumpu siap menawarkan berbagai kekayaan budaya, kesenian, kuliner dan potensi wisata lainnya kepada wisata yang datang.

“Terima kasih atas dukungan semua pihak, semoga sektor pariwisata semakin baik ke depan khususnya di Desa Wisata Kampung Minang Sumpu ini, kami mempunyai moto Pokdarwis Hebat, Desa Wisata Kuat dan Masyarakat Sejahtera,” tukas Zuherman.

Turut hadir Dinas Parpora Tanah Datar, Wali Nagari Sumpur, BPRN, Pemuda dan Bundo Kanduang Nagari Sumpur.

  • Bagikan

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *