3 Barista Indonesia Juara Di Kompetisi Barista Saudi 2021

  • Bagikan
Kompetisi Barista Saudi 2021

SUMBAR24.COM — Ryan, Yudha dan Joe sukses menjadi juara 1, 2 dan 3 pada Kompetisi Barista Saudi 2021 yang diselenggarakan dalam Pameran Makanan, Minuman dan Hospitality “Saudi Horeca 2021” yang berlangsung pada tanggal 5-7 September 2021 di Riyadh.

Selama 3 hari, para Barista tersebut secara piawai menunjukkan keahliannya di depan dewan juri, yang berasal dari Saudi dan Yunani, melakukan espresso-making, milk steaming, pouring dan latte art hingga meracik ramuan khasnya yang diciptakan sendiri menjadi minuman khas (signature).

Buah tropis seperti markisa, jambu, pepaya dipadukan ciamik dengan biji kopi Aceh Gayo sehingga menimbulkan after taste dan aroma kopi yang berbeda dan memukau dewan juri, hingga mampu menyisihkan peserta lain dari Nigeria, Filipina, India dan tuan rumah Saudi.

Saat ini ada sekitar 405 orang barista (roaster) Indonesia yang bekerja di coffee shop & roastery di Arab Saudi. Keahlian barista Indonesia sangat diakui oleh para pemilik kafe dan roastery di Arab Saudi.

Baca Juga : Harga Fantastis dan Pecahkan Rekor Dunia, Elang Termahal Terjual Rp6,5 Milyar di Riyadh

Beberapa kali mereka meminta informasi dari KBRI bagaimana caranya bisa mendatangkan lebih banyak lagi barista dari Indonesia untuk mengoperasikan kafe dan roastery-nya.

KBRI Riyadh dan komunitas Barista Indonesia di Arab Saudi telah beberapa kali bekerjasama melakukan promosi kopi Indonesia di Arab Saudi, melalui pameran dan event coffee cupping.

Budaya minum kopi yang “fanatik”, meningkatnya demand untuk specialty coffee serta daya beli konsumen yang kuat menjadi faktor penarik bagi kopi premium Indonesia untuk lebih dapat “beraroma” di Arab Saudi.

Data dari Trademap.org terkait ekspor biji kopi Indonesia ke Arab Saudi dari tahun 2016-2020 terus mengalami peningkatan, yaitu: US$102ribu, US$246ribu, US$420ribu, US$161ribu, US$1,054juta.

KBRI Riyadh ucapkan selamat untuk Ryan, Yudha dan Joe.

Sumber : Saudinesia

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *