800 Ribu Lebih Vaksin Pfizer Donasi Amerika Serikat Baru Saja Tiba di Indonesia

  • Bagikan
Vaksin Pfizer

SUMBAR24.COM — Untuk pemenuhan kebutuhan vaksin di Tanah Air dan percepatan pelaksanaan vaksinasi, Pemerintah Indonesia melakukan sejumlah bentuk kerjasama dan diplomasi dalam mendapatkan vaksid covid-19.

Seperti baru saja tiba, Indonesia menerima kedatangan vaksin COVID-19 merk Pfizer sebanyak 877.500 dosis. Vaksin ini merupakan donasi dari Amerika Serikat melalui COVAX Facility.

Donasi tersebut merupakan bentuk kerja sama melalui dose sharing mechanism (mekanisme berbagi dosis) yang merupakan salah satu hal penting untuk dilakukan agar dunia segera dapat keluar dari pandemi COVID-19.

Vaksin Pfizer tersebut merupakan vaksin jadi yang siap pakai. Pada tahap ke-65, vaksin tersebut dijadwalkan tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Kamis (16/9/2021) pukul 09.15 WIB dan diangkut menggunakan maskapai Raya Airlines.

Kedatangan vaksin ini merupakan bukti keberhasilan pemerintah menempuh cara diplomasi untuk pemenuhan kebutuhan vaksinasi dalam negeri. Pemerintah akan terus bekerja keras menyelesaikan vaksinasi dalam waktu yang cepat. Ketersediaan vaksin menjadi kunci kecepatan program ini.

Dok : dunia.tempo.co

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi beberapa hari lalu sempat mengatakan bahwa pada negara dengan tingkat vaksinasi yang tinggi telah terjadi putusnya hubungan antara kenaikan kasus dengan tingkat kematian. Artinya, meskipun terjadi lonjakan kasus, namun tidak diikuti dengan kenaikan rawat inap dan juga kematian.

“Ini membuktikan bahwa vaksin bekerja, vaccine work,” tegas Menlu.

Menurut Menlu, masih banyak tantangan yang harus kita lalui sebelum peperangan ini dapat kita menangkan. Mesin diplomasi Indonesia akan terus bergerak dengan kecepatan penuh untuk memenuhi kebutuhan vaksin nasional dan menyuarakan akses yang adil terhadap vaksin untuk semua negara.

“Dukungan semua rakyat Indonesia dengan melakukan vaksinasi dan disiplin protokol kesehatan sangat diperlukan. Ayo vaksinasi, dan kita jalankan protokol kesehatan. Insyaallah dengan ikhtiar kita semua, dengan kerja keras bersama, dengan kedisiplinan kita bersama, kita dapat keluar dari pandemi ini,” pungkas Menlu.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *