Berlanjut Misi di Afghanistan, PBB: Taliban Pasti Akan Membutuhkan Kehadiran Kami

  • Bagikan
PBB di Afghanistan

SUMBAR24.COM — Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa sepakat untuk memperpanjang misi PBB di Afghanistan hingga enam bulan ke depan. Misi PBB akan menangani upaya bantuan kemanusian, pemulihan ekonomi dan pembangunan, keamanan dan sosial, HAM, dan beberapa isu sentral lainnya.

“Mereka berkewajiban untuk lebih fleksibel. Taliban membutuhkan PBB dan ini adalah pengaruh kami untuk melihat perkembangan di sana,” ungkap DK PBB dalam pernyataannya, seperti dilansir dari Al Jazeera, Sabtu, (18/9/2021).

Dalam pernyataannya, PBB juga meminta Taliban untuk menekankan pentingnya pembentukan pemerintahan yang inklusif dan representatif dan menyerukan kesetaraan, partisipasi perempuan, dan menjunjung tinggi hak asasi manusia, termasuk bagi perempuan, anak-anak, dan kaum minoritas.

“Ada kekhawatiran nyata tentang keadaan ekonomi, sistem perbankan yang tidak berfungsi dengan baik dan gagasan bahwa ribuan, mungkin jutaan orang akan memulai eksodus dari Afghanistan,” ungkap James Bays dari Al Jazeera, melaporkan dari markas besar PBB di New York.

Sementara itu, Para diplomat mengatakan bahwa Taliban tidak keberatan dengan pembaruan misi PBB tersebut.

Sumber : Moslemtoday

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *