3 Kelompok Tani Di Kota Pariaman Terima Bantuan Bibit Cabai Dan Jahe

3 Kelompok Tani Di Kota Pariaman Terima Bantuan Bibit Cabai Dan Jahe

SUMBAR24.COM — Tiga kelompok tani di Kota Pariaman menerima bantuan bibit cabai dan jahe dari Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan (PPP) setempat.

Penyerahan bantuan tersebut dilakukan secara simbolis oleh Walikota Pariaman, Genius Umar, Selasa (9/5/2023), kepada Kelompok Tani Jati Saiyo, Kelurahan Jati Hilir, Kelompok Tani Cahaya Gemilang Desa Pauh Timur dan Kelompok Tani Puja Desa Pakasai.

Acara penyerahan bibit tersebut juga dihadiri, Kepala Dinas PPP Kota Pariaman Dasril, Kabid TPH BUN Marlina Sepa, Pengawas Benih Tanaman Edialfi Unwara, Kepala UPT BPP Rizka Hafizah, Camat Pariaman Tengah, Camat Pariaman Timur, Kepala Desa Pakasai, Kepala Desa Pauh Timur, Lurah Jati Hilir serta Kelompok Wanita Tani (KWT) Jati Hilir.

Wali Kota Genius Umar menyebutkan, untuk Kelompok Tani Jati Saiyo dan Kelompok Tani Cahaya Gemilang masing-masing menerima sarana produksi cabai untuk lahan seluas 5 hektar dengan rincian, bibit cabai 70 bungkus, pupuk NPK 1.625 kg, mulsa plastik 35 roll.

Kemudian, untuk Kelompok Tani Puja Desa Pakasai menerima bantuan sarana produksi jahe untuk lahan seluas 5 hektar dengan rincian, bibit jahe 5.000 kg, pupuk NPK 1.375 kg, dan pupuk organik 3.000 kg.

Wako Genius mengatakan, cabai dan jahe ini untuk ketahanan pangan kita, yang menjadi program Pemko Pariaman dengan pemerintah pusat supaya tidak ada lagi lahan yang kosong dan terlantar.

“Dengan menanam cabai kita bisa memetik hasilnya, apalagi harga cabai yang saat ini cukup tinggi tentu akan dapat menguntungkan untuk petani kita.

Sebalinya jika cabai langka tentu akan menyebabkan inflasi, sehingga masyarakat pun akan sulit untuk memperoleh cabai itu sendiri ,” sebut Genius.

Genius meminta dinas terkait untuk mengembangkan berbagai tanaman, perikanan dan perkebunan dan semua komoditas di Kota Pariaman.

“Kembangkan produk pertanian yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi sehingga dengan begitu akan mengangkat perekonomian masyarakat terutama para petani ,” imbuh Genius.

“Dinas Pertanian harus secara berkelanjutan melakukan pendampingan kepada para kelompok tani di Kota Pariaman ,” pungkas Genius.

Sementara itu Kepala Dinas PPP, Dasril, mengatakan kegiatan ini merupakan tindaklanjut dari audiensi walikota dengan Kementerian Pertanian beberapa waktu yang lalu dalam rangka mengantisipasi dan menurunkan angka inflasi. Karena beberapa bulan terakhir kita dilanda inflasi termasuk Kota Pariaman yang juga terdampak.

Dasril mengatakan, Pemko Pariaman terus berupaya mensejahterakan para petani salahsatunya dengan gerakan menanam cabai bagi kelompok wanita tani se-Kota Pariaman.

“Alhamdulillah hal ini telah terwujud dengan adanya bantuan bibit cabai dan jahe yang kita terima hari ini untuk segera diserahkan kepada kelompok tani di Kota Pariaman ,” tutup Dasril. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *