Gali Potensi Zakat, Pemkab Agam Dorong Nagari Bentuk UPZ

Gali Potensi Zakat, Pemkab Agam Dorong Nagari Bentuk UPZ

SUMBAR24.COM — Bupati Agam diwakili Asisten I Setdakab Agam, Rahman, mendorong nagari membentuk Unit Pengumpul Zakat (UPZ) dalam menggali potensi zakat di nagari.

“Banyak potensi dapat dikejar untuk menambah zakat, yang disalurkan kepada masyarakat membutuhkan,” ujarnya saat penyaluran zakat di Mess Pemkab Agam, Rabu (30/08/2023).

Karena katanya, zakat sangat berpotensi untuk membantu masyarakat baik peningkatan pendidikan, ekonomi maupun perlindungan kesehatan dan lainnya.

“Selain dari ASN, sumber zakat utama yang dihimpun Baznas Agam, juga dibutuhkan dari kalangan lainnya seperti potensi di nagari,” sebutnya.

Dikatakan, penyaluran zakat dari Baznas sasarannya jelas, karena sudah ada kriteria yang merujuk kepada asnaf delapan.

Baca Juga : Kepala BPS Pesisir Selatan : SDM Yang Kuasi Data Dan Menjadikannya Informasi Pasti Akan Selalu Dibutuhkan

Seperti halnya zakat disalurkan hari ini, diperuntukkan kepada mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu, serta dua program lainnya seperti Agam Peduli dan Agam Sehat.

“Ini adalah zakat para mustahik yang dihimpun Baznas Agam dari berbagai kalangan. Semoga dapat dimanfaatkan dengan baik,” kata Rahman.

Meski begitu, ia berharap tidak mempersoalkan zakat yang diterima, tapi lihatlah bagaimana perhatian dan kepedulian diberikan.

“Khusus mahasiswa kita berharap zakat ini menjadi motivasi, bagaimana mereka bisa menggapai cita-cita yang diimpikan,” harapnya.

Pihaknya memotivasi para mahasiswa agar menjalani pendidikan sebaik-baiknya, sehingga kelak menjadi manusia berguna baik di keluarga maupun masyarakat.

Ketua Baznas Agam Isman Imran menyebutkan, zakat disalurkan ini lanjutan penyaluran yang dilaksanakan di Lubuk Basung kemaren.

“Zakat disalurkan seluruhnya sebesar Rp272,4 juta lebih kepada 210 mustahik tersebar dari seluruh kecamatan. Zakat ini untuk program Agam Cerdas, Agam Sehat dan Agam Peduli,” terangnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *