Buka Kesempatan Kerja Sektor Industri Galangan Kapal, Pemko Pariaman Teken Kerjasama Dengan BSOA

Buka Kesempatan Kerja Sektor Industri Galangan Kapal, Pemko Pariaman Teken Kerjasama Dengan BSOA

SUMBAR24.COM — Pemerintah Kota Pariaman yang berkomitmen perluas kesempatan kerja bagi pemuda di daerahnya, melakukan kontrak kerjasama di sektor industri galangan kapal dan lepas pantai.

Hal tersebut dinyatakan dalam penandatanganan kerjasama antara Pemerintah Kota Pariaman dengan Batam Shipyard Offshore and Offshore Association (BSOA), di Kantor Wasco Engineering Indonesia, Tanjung Uncang, Kecamatan Batu Aji, Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Jumat (08/09/2023).

Memorandum of Understanding (MoU) tersebut, ditandatangani langsung oleh Wali Kota Pariaman, Genius Umar dengan General Secretary BSOA, Hendro Hartanto, didampingi jajaran kedua belah pihak.

Wali Kota Genius Umar dalam kesempatan tersebut menyatakan bahwa pemerintahannya sangat aktif dalam menyiapkan peluang kesempatan kerja bagi masyarakatnya.

“Dalam beberapa tahun terakhir, kita aktif memberikan kesempatan untuk tenaga kerja kita dalam memberikan pelatihan dan penempatan kerja di Kota Batam ini, baik di industry galangan kapal dan lepas pantai, sehingga kita dapat mengurangi angka pengangguran di Kota Pariaman,” ujar Genius.

Genius mengatakan hal ini merupakan bentuk komitmen Pemerintah Kota Pariaman dalam upaya kesempatan kerja seluas luasnya bagi warga kota pariaman, yang bukan hanya untuk kesempatan kerja di dalam negeri saja, tetapi juga sampai ke luar negeri, dalam hal ini ke Korea Selatan, yang juga bekerja di galangan kapal.

“Dengan adanya MoU ini, kita dapat mengirim tenaga kerja asal Kota Pariaman untuk dikirim ke BSOA yang mempunyai banyak perusahaan galangan kapal yang berada di Kota Batam dan daerah sekitar Kepri ini,” ungkapnya.

Baca Juga : Dukung Penyelenggaraan WIES 2023, Ma’ruf Amin: Wirausaha Muslim Kunci Pertumbuhan Industri Halal

Lebih lanjut Genius berharap, dengan berbagai upaya yang kita lakukan di Pemko Pariaman untuk mengurangi angka pengangguran yang ada di Kota Pariaman, kita menginginkan tingkat kesejahteraan masyarakat kita akan semakin meningkat, ucapnya.

“Kita tidak menginginkan generasi muda kita tidak mempunyai pekerjaan, banyak program yang dibuat untuk memfasilitasi hal tersebut.

Pelatihan dengan menciptakan SDM yang mumpuni, sehingga mereka dapat bekerja di perusaahan dan industry besar seperti BSOA ini,” tutupnya.

Sementara itu General Secretary BSOA, Hendro Hartanto menyambut baik kesepakatan dengan Pemerintah Kota Pariaman ini.

“BSOA didirikan pada tanggal 7 Agustus 1997, sebagai organisasi Nirlaba oleh perusahaan galangan kapal yang menjadi pionir pertumbuhan industri pembuatan kapal dan lepas pantai di Pulau Batam. BSOA sendiri merupakan asosiasi yang menaungi 53 perusahaan galangan kapal dan lepas pantai di Batam dan Kepulauan Riau (Kepri),” jelasnya

Hendro Hartanto juga menerangkan bahwa BSOA didirikan dengan tujuan tetap sebagai mitra pemerintah untuk turut serta mengembangkan dunia usaha khususnya di bidang perkapalan dan lepas pantai.

“Dan kita memberikan kesempatan untuk masyarakat untuk bekerja disini, tentunya dengan skill dan kriteria yang telah kita tetapkan”, pungkas Hendro Hartanto menekankan.

Sumber : Media Center Kominfo Kota Pariaman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *