Dukung Penyelenggaraan WIES 2023, Ma’ruf Amin: Wirausaha Muslim Kunci Pertumbuhan Industri Halal

Dukung Penyelenggaraan WIES 2023

SUMBAR24.COM — Wakil Presiden Ma’ruf Amin menegaskan bahwa kunci keberhasilan industri halal adalah sejauhmana peran penting yang dimainkan oleh wirausaha muslim dalam mendorong inovasi, pembangunan ekonomi, dan perubahan sosial positif.

Hal ini ditegaskan Wapres dalam sambutannya saat menghadiri ivent World Islamic Entrepreneur Summit (WIES) 2023 di Pangeran Beach Hotel, Jl. Ir. H. Juanda, Kota Padang, Sumatra Barat (Sumbar), Jumat (08/09/2023).

“Industri halal tidak akan ada tanpa wirausaha. Tentu saja ini ada yang bentuknya inkubas, pengembangan atau menghijrahkan usaha yang sudah ada,” tegas Wapres Ma’ruf.

Adanya digitalisasi menuntut wirausaha untuk terus meningkatkan kapasitas, serta adaptif dan semakin kreatif dalam memanfaatkan perkembangan teknologi di dalam menciptakan produk dan layanan.

Oleh karena itu Wapres mendukung penuh pembentukan wirausaha berkarakter untuk mendorong pembangunan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

“Wirausaha yang berkarakter, sekaligus jeli melihat peluang, dan gigih mengatasi tantangan, akan menggerakkan pembangunan ekonomi yang inklusif, adil, dan berkelanjutan,” ungkap Wapres.

Ditengah tantangan ekonomi dan geopolitik global, secara khusus Wapres mengajak masyarakat untuk mengoptimalkan beragam kesempatan, sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Saya mengajak kita semua, khususnya negara-negara berkembang, untuk mengoptimalkan segala kesempatan yang mengemuka di tengah begitu menantangnya kondisi ekonomi dan geopolitik global, untuk membangun demokrasi ekonomi,” terangnya.

Selain itu, Wapres juga meminta agar ajang WIES 2023 dapat menjadi forum bertukar gagasan dan membangun strategi kemitraan yang kolaboratif untuk mendorong pertumbuhan ekonomi syariah di tingkat global.

“Manfaatkan forum untuk bertukar informasi dan gagasan, serta membangun strategi kemitraan yang sinergis dan kolaboratif,” pinta Wapres.

“Khususnya antarnegara muslim, sebagai ikhtiar kolektif dalam mendorong pertumbuhan ekonomi syariah global,” imbuhnya.

Selanjutnya, Wapres juga menekankan pentingnya asosiasi wirausaha muslim sebagai wadah bertumbuhnya wirausahawan yang unggul dan berkelas dunia.

“Kembangkan asosiasi wirausaha muslim global yang solid, sebagai wadah bertumbuhnya wirausaha berkarakter unggul dan berkelas dunia, termasuk bagi wirausaha pemuda dan perempuan,” imbaunya.

Menutup sambutannya, Wapres berharap penuh agar WIES 2023 dapat menjadi penggerak kewirausahaan dan pemberdayaan ekonomi di segala sektor dan mewujudkan pembangunan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

“Saya harap forum ini menjadi penggerak kewirausahaan dan pemberdayaan UMKM di semua sektor, sehingga lebih siap menghadapi tantangan dan dinamika global,” harap Wapres.

Baca Juga : Pemkab Agam Apresiasi Program Indojalito Peduli, 1500 Anak Dikhitan

Sebelumnya, Gubernur Sumbar Mahyeldi mengungkapkan, Pemerintah Provinsi Sumbar tengah mengaktifkan kembali ekonomi daerah dan sektor pariwisata pascapandemi Covid-19 yang lalu.

“Pada tahun ini, pemerintah dan masyarakat Sumatra Barat berkomitmen untuk mengaktifkan potensi lokal dan mendorong pertumbuhan industri ekonomi kreatif dan industri pariwisata yang berkelanjutan.

Salah satunya dengan mencanangkan tahun ini sebagai tahun kunjungan wisata, yaitu Visit Beautiful West Sumatra 2023,” ungkap Gubernur Mahyeldi.

“Bersama WIES, mari kita gelorakan semangat kewirausahaan yang kuat, semangat kolaborasi global, serta semangat inklusivitas ekonomi,” tandasnya.

Sebagai informasi, rangkaian kegiatan World Islamic Entrepreneur Summit (WIES) 2023 yang dimulai dari tanggal 6-9 September 2023, bertujuan memajukan ekonomi dan kewirausahaan Islam.

Ajang kolaborasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Sumbar, dan Pemerintah Provinsi Sumbar bersama dengan para pengusaha muslim.

WIES 2023 dihadiri oleh 13 delegasi dari negara-negara Organisasi Kerjasama Islam (OKI) dan non-OKI, seperti pemangku kebijakan industri halal, sektor pariwisata, pengusaha perempuan, dan pengusaha muda.

Hadir juga pada kesempatan tersebut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, para Duta Besar Negara Sahabat, Wali Kota dan Bupati se-Sumatra Barat, delegasi dan perwakilan dari 17 negara, Ketua Panitia Penyelenggara WIES 2023 Sari Lenggogeni, serta jajaran anggota Forum Koordinasi Pimpinan Provinsi Sumbar.

Sumber : sumbarprov.go.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *