Nyanyikan Indonesia Raya, Pengguna Jalan Berhenti, Ikuti Detik-Detik Proklamasi di Padang Panjang

Nyanyikan Indonesia Raya, Pengguna Jalan Berhenti, Ikuti Detik-Detik Proklamasi di Padang Panjang

SUMBAR24.COM — Tepat pukul 10.17 WIB, Selasa, (17/08/21), sirine berbunyi sahut-menyahut di pertigaan lampu merah PDAM Padang Panjang. Semua kendaraan berhenti, begitu juga para pejalan kaki. Mereka mengambil sikap hormat, sembari turut menyanyikan Indonesia Raya di dalam hati.

Begitulah gambaran peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di jalan utama di depan gedung PDAM kota Padang Panjang. Semua warga yang kebetulan ada di lokasi ini, bersama sejumlah aparatur negara mengarahkan pandangan ke videotron.

Para pengendara yang berhenti di masing-masing lampu merah di tiga ruas jalan yang berbeda, secara bersama-sama memanjatkan doa, sikap hormat menghadap kibaran bendera virtual pada layar videotron saat lagu kebangsaan Indonesia Raya dikumandangkan melalui pengeras suara.

Baca Juga : Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Di Dharmasraya Berlangsung Khidmat

Wajah-wajah pengendara, pejalan kaki, petugas, terdiam khidmat, menambah haru suasana hari Kemerdekaan RI ke-76 di Kota Padangpanjang meski di tengah pandemi virus Corona. Ini adalah tahun kedua, peringatan detik-detik Proklamasi dilaksanakan di pertigaan PDAM.

Mereka tampak larut, mengekspresikan jiwa raga yang cinta Indonesia. Seperti halnya Iqbal (32), pengendara motor yang hendak pergi ke Kelurahan Ganting, Kecamatan Padang Panjang Timur.

“Saya sangat terkesan dengan kegiatan ini. Membangkitkan jiwa patriotis dan cinta tanah air. Semoga kemerdekaan Indonesia menjadi momen bangkit dan terbebas dari Covid-19,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo, Ampera Salim,mengatakan, kegiatan di simpang PDAM itu dilaksanakan guna melibatkan suluruh lapisan masyarakat memperingati Hari Kemerdekaan RI. “Kita berharap dengan kegiatan ini, akan selalu membuat kita teringat akan jasa-jasa pahlawan, memupuk rasa persatuan dan kecintaan untuk Indonesia,” ujarnya.

Selain Ampera, turut hadir bergabung dengan warga di lokasi ini, Kadishub, I Putu Venda, Kasatpol PP, Alber Dwitra, MM, Kasatlantas, AKP Dedi Antonius, dan sejumlah aparatur lainnya.

Sumber : Diskominfo Padang Panjang

Respon (2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *