Inilah Manfaat Minum Air Nira, Mencegah Kanker Hingga Cegah Anemia

Inilah Manfaat Minum Air Nira, Mencegah Kanker Hingga Cegah Anemia Air nira berasal dari bunga pohon aren yang memiliki rasa yang manis. Selain dibuat gula aren, air nira juga bisa dibuat jadi minuman segar, gula, permen dan lain sebagainya. Bahkan menurut sejumlah penelitian air nira juga bisa digunakan sebagai obat alami untuk menjaga kesehatan tubuh. Berikut sejumlah manfaat air nira bagi kesehatan, melansir dari berbagai sumber: 1. Mencegah kanker air nira juga mengandung fitokimia dan antioksidan yang tinggi, serta bisa membantu melawan radikal bebas terhadap sel-sel dalam tubuh sehingga dapat membantu mencagah berbagai jenis kanker dalam tubuh seperti kanker paru-paru, kanker rongga mulut, dan kanker usus. 2. Meningkatkan kekebalan tubuh Air nira mengandung vitamin dan mineral yang tinggi, sehingga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan membuat tubuh bisa menangkal berbagai macam penyakit. 3. Menjaga kesehatan kulit Rutin mengonsumsi air nira terbukti bisa menjaga kesehatan kulit karena kandungan antioksidan dalam air nira bisa membantu melindungi kulit dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. 4. Mengurangi tekanan darah Potasium yang sangat tinggi pada air nira dapat mengurangi ketegangan pembuluh dara sehingga dapat memperlancar sirkulasi darah melalui arteri, sehingga mengurangi tekanan sistem kardiovaskular kita dan menurunkan tekanan darah. 5. Menjaga kesehatan mata Dalam beberapa penelitian menunjukkan bahwa dengan rutin mengkonsumsi air nira tidak hanya dapat membantu meningkatkan penglihatan, namun juga dapat mencegah berbagai jenis penyakit mata seperti katarak dan degenerasi makula. 6. Baik untuk penderita diabetes Air nira mengandung indeks glikemik yang rendah. Indeks glikemik adalah ukuran seberapa cepat dan seberapa tinggi suatu makanan dapat meningkatkan kadar glukosa dengan melepaskan glukosa ke dalam sistem peredaran darah. Jadi penderita diabetes masih bisa merasakan makanan manis tanpa menyebabkan lonjakan kadar glukosa. 7. Melancarkan ASI Pemberian ASI terkadang menjadi kendala bagi seorang ibu, sehingga bayi tidak mendapatkan ASI yang cukup atau bahakan tidak mendapatkan ASI sama sekali. Faktor tersebut bisa disebabkan karena kondisi fisik atau psikis si ibu. Namun dengan meminum air nira ASI ibu yang awalnya tidak lancar bisa menjadi lancar kembali. Karena banyak yang membuktikan bahwa air nira berguna untuk membantu melancarkan ibu – ibu untuk memberikan asi bagi bayi mereka. 8. Menjaga kesehatan tulang Kandungan kalsium juga ditemukan dalam air nira. Di mana, dengan mengonsumsi makanan yang kaya kalsium dapat membantu dalam peningkatan kualitas tulang dan mencegah osteoporosis. 9. Mencegah risiko anemia Air nira juga memiliki kandungan zat besi dan vitamin K yang tinggi, sehingga dapat membantu mencegah risiko kekurangan darah atau anemia.
Foto : Mongabay.co.id

SUMBAR24.COM — Air nira berasal dari bunga pohon aren yang memiliki rasa yang manis. Selain dibuat gula aren, air nira juga bisa dibuat jadi minuman segar, gula, permen dan lain sebagainya.

Bahkan menurut sejumlah penelitian air nira juga bisa digunakan sebagai obat alami untuk menjaga kesehatan tubuh. Berikut sejumlah manfaat air nira bagi kesehatan, melansir dari berbagai sumber:

  1. Mencegah kanker

Air nira mengandung fitokimia dan antioksidan yang tinggi, dan bisa membantu melawan radikal bebas terhadap sel-sel dalam tubuh sehingga dapat membantu mencagah berbagai jenis kanker dalam tubuh seperti kanker paru-paru, kanker rongga mulut, dan kanker usus.

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Air nira juga mengandung vitamin dan mineral yang tinggi, sehingga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan membuat tubuh bisa menangkal berbagai macam penyakit.

  1. Menjaga kesehatan kulit

Kebiasaan mengonsumsi air nira terbukti bisa menjaga kesehatan kulit karena kandungan antioksidan dalam air nira bisa membantu melindungi kulit dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas.

  1. Mengurangi tekanan darah

Kandungan Potasium yang sangat tinggi pada air nira dapat mengurangi ketegangan pembuluh dara sehingga dapat memperlancar sirkulasi darah melalui arteri, sehingga mengurangi tekanan sistem kardiovaskular kita dan menurunkan tekanan darah.

  1. Menjaga kesehatan mata

Pada beberapa penelitian menunjukkan bahwa dengan rutin mengkonsumsi air nira tidak hanya dapat membantu meningkatkan penglihatan, namun juga dapat mencegah berbagai jenis penyakit mata seperti katarak dan degenerasi makula.

  1. Baik untuk penderita diabetes

Kandungan indeks glikemik Air nira, rendah. Indeks glikemik adalah ukuran seberapa cepat dan seberapa tinggi suatu makanan dapat meningkatkan kadar glukosa dengan melepaskan glukosa ke dalam sistem peredaran darah. Jadi penderita diabetes masih bisa merasakan makanan manis tanpa menyebabkan lonjakan kadar glukosa.

  1. Melancarkan ASI

Pemberian ASI terkadang menjadi kendala bagi seorang ibu, sehingga bayi tidak mendapatkan ASI yang cukup atau bahakan tidak mendapatkan ASI sama sekali. Faktor tersebut bisa disebabkan karena kondisi fisik atau psikis si ibu. Namun dengan meminum air nira ASI ibu yang awalnya tidak lancar bisa menjadi lancar kembali. Karena banyak yang membuktikan bahwa air nira berguna untuk membantu melancarkan ibu – ibu untuk memberikan asi bagi bayi mereka.

  1. Menjaga kesehatan tulang

Kandungan kalsium juga ditemukan dalam air nira. Di mana, dengan mengonsumsi makanan yang kaya kalsium dapat membantu dalam peningkatan kualitas tulang dan mencegah osteoporosis.

  1. Mencegah risiko anemia

Kemudian Air nira juga memiliki kandungan zat besi dan vitamin K yang tinggi, sehingga dapat membantu mencegah risiko kekurangan darah atau anemia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *